mandiLiputanIslam.com–Sebagian orang memiliki kebiasaan untuk tidak mandi sore dengan alasan sudah mandi di pagi hari dan sepanjang hari tidak berkeringat atau kotor. Ternyata, sebagaimana mandi pagi bermanfaat untuk membangkitkan kesegaran, mandi sore pun memiliki manfaat tersendiri. Bila mandi sore diabaikan, ada dampak buruknya, antara lain sebagai berikut.

  1. Kotoran menempel lebih lama
    Setelah beraktivitas seharian, baik di luar maupun dalam ruangan, tanpa kita sadari, banyak kuman yang menempel. Jika mengabaikan mandi sore, tentu saja kuman akan menempel semalaman penuh hingga keesokan paginya.
  2. Gatal-gatal dan susah tidur
    Adanya kuman berpotensi menimbulkan gatal-gatal. Selain itu, mereka yang tidak mandi sore, cenderung susah tidur.
  3. Rawan terserang penyakit
    Ketika kekebalan tubuh menurun, kuman-kuman yang menempel di tubuh akan memunculkan penyakit, antara lain penyakit kulit, influenza, cacar air, gangguan pada perut dan mulut.
  4. Lebih mudah stress dan depresi
    Rutinitas kerja dari pagi hingga sore hari pasti membuat otot dan saraf di dalam tubuh bekerja lebih keras dan menegang. Kondisi seperti itu akan memicu gangguan psikologis seperti stress atau depresi. Untuk menghindari hal itu terjadi, tentu Anda membutuhkan sesuatu yang sifatnya “menyamankan”. Salah satu cara yang paling jitu adalah mandi. Dengan melakukan mandi sore, maka tubuh akan terasa segar kembali, penat dan ketegangan yang sempat melanda pun akan menghilang.
  5. Mudah mengalami bau badan
    Keringat yang menumpuk sejak pagi hingga malam, terutama di bagian lipatan-lipatan kulit menjadi media suburnya bakteri yang akan memicu bau tak sedap pada tubuh.(sumber:informasitips.com)

Secara umum, seperti dilansir huffingtonpost.com. mandi sangat bermanfaat untuk tubuh dan pikiran, serta untuk meredakan stress. Akan lebih baik bila mandi dengan air hangat dengan ditetesi minyak aromaterapi. Minyak yang mengandung eucalyptus atau lavender misalnya, terbukti membantu mengurangi stres. Sedangkan minyak sage dapat meningkatkan kemampuan otak. (dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL