Jakarta, LiputanIslam.com—Libur Idul Fitri atau Lebaran telah usai. Momen ini merupakan kesempatan untuk makan besar dan enak untuk merayakan kemenangan setelah berpuasa sebulan penuh. Tapi, tak dapat dipungkiri, sajian Lebaran yang dihidangkan dapat membuat pola makan berubah. Waktu makan yang tadinya hanya malam hari setelah buka puasa dan dini hari saat sahur, menjadi tidak keruan. Dalam satu hari, Anda mungkin bisa menyantap lebih dari tiga makanan Lebaran dengan durasi setiap satu atau dua jam sekali.

Jadi, demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan bagi kesehatan, Anda harus melakukan detoksifikasi tubuh. Bagaimana caranya?

 

  1. Konsumsi makanan rendah kalori

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan saat Lebaran? Anda bisa melakukan detoks pada tubuh dengan mengkonsumsi makanan rendah kalori dan rendah gula. Pilihlah makanan rendah kalori seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan yang mengandung protein tinggi, dan lemak sehat selama satu hingga dua hari. Jangan lupa pula konsumsi banyak serat untuk melancarkan pencernaan. Anda bisa mengkonsumsi gandum dan biji-bijian rendah kalori.

 

  1. Banyak bergerak

Menyantap banyak hidangan lezat saat Lebaran membuat Anda malas bergerak karena kekenyangan. Sebaiknya lakukanlah banyak gerakan untuk membakar kalori dan tubuh bisa menyerap sisa kalori menjadi energi. Jika malas berolahraga, cukup lakukan jalan kaki ringan sambil menggerakkan seluruh anggota tubuh. Atau cara lainnya, Anda bisa membereskan rumah sekaligus menyortir barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi (decluttering). Yang penting, tubuh harus banyak bergerak.

 

  1. Jangan terlalu memikirkan timbangan

Banyak orang yang merasa berat badannya naik drastis setelah mengkonsumsi hidangan Lebaran. Setelah itu, mereka akan berusaha keras untuk menurunkan berat badannya dengan berbagai cara dan menjadi stres jika beratnya tidak turun. Sebaiknya, jangan terlalu memikirkan timbangan karena hal itu tidak selalu akurat. Lebih baik, Anda fokuskan diri untuk mengembalikan bobot tubuh seperti semula dengan mengatur pola makan dan kebiasaan hidup sehat.

 

  1. Banyak minum air putih

Membuang racun-racun dan sisa kotoran di dalam tubuh bisa dilakukan dengan cara banyak minum air putih. Idealnya, Anda diharuskan minum air delapan gelas setiap harinya. Meminum air putih dapat menghindarkan Anda dari dehidrasi yang mengakibatkan kurang energi serta konsentrasi. Pastikan rutin mengkonsumsi air putih agar metabolisme Anda lancar.

 

  1. Tidur tepat waktu

Banyak orang yang tidak sadar bahwa tidur dan selera makan adalah dua hal yang berhubungan dengan hormon. Kurang tidur dapat meningkatkan selera makan yang berakibat bobot tubuh meningkat. Untuk menghindari hal ini, disiplinkan diri untuk berhenti makan di malam hari. Kurangi penggunaan handphone dan menonton tv di malam hari dan fokus untuk mendapatkan tidur yang maksimal. Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa seharusnya tidur selama 7 hingga 9 jam setiap malamnya.  (ra/kumparan)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*