Makanan meningitisLiputanIslam.com – Penyakit radang selaput otak atau meningitis yang telah merengut nyawa komedian terkenal Olga Syahputra mengundang keingintahuan publik. Selain mengenali gejala, penyebab dan pencegahannya, adakah upaya bisa dilakukan untuk menyembuhkan penderita? (Baca: Kenali dan Cegah Radang Selaput Otak)

Ternyata, selain dengan vaksin, diketahui ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu pengobatan meningitis. Berikut ulasannya, seperti dilansir Teruskancom;

Asam Lemak Omega-3  
Menurut Maryland Medical Center, makanan yang tinggi akan kandungan asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh meningitis. Selain itu, juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Asam lemak omega-3 yang mengandung lemak tak jenuh ganda sangat penting untuk otak dan juga berfungsi untuk mengurangi peradangan.

Asam lemak omega-3 dapat Anda temukan pada beberapa jenis ikan seperti tuna, halibut dan salmon yang juga  memiliki kandungan asam lemak esensial.

Untuk beberapa jenis makanan lainnya yang mengandung asam lemak omega-3 dapat Anda temukan pada biji rami, kedelai, walnut, biji labu dan minyak yang terbuat dari kacang-kacangan dan biji-bijian.

Probiotik  
Yogurt yang mengandung probiotik dapat membantu Anda  mengurangi masalah pencernaan yang kerap terjadi pada mereka yang memiliki meningitis.

Probiotik dalam bentuk suplemen atau makanan dengan bakteri sehat juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi meningitis. Probiotik mengandung strain bakteri alami sehat yang terdapat dalam perut Anda.

Selain yogurt, makanan lain yang mengandung probiotik terdapat pada susu dan keju. Tempe, produk kedelai yang mengandung bakteri sehat, dan miso efektif lainnya juga merupakan sumber probiotik.

Fitokimia
Estrogen tanaman, atau fitokimia seperti genistein, dapat menghambat aktivitas kimia yang berhubungan dengan meningitis, menurut Life Extension Foundation. Genistein adalah isoflavon dan fitoestrogen yang dapat mengurangi keparahan gejala dan dapat memainkan peran dalam pencegahan meningitis.

Genistein dapat Anda temukan pada kedelai dan makanan yang dibuat dengan protein kedelai. Susu kedelai, tahu, tempe dan miso adalah sumber genistein yang efektif.

Vitamin C  
Makanan yang tinggi akan kandungan vitamin C dapat melindungi Anda terhadap komplikasi serius jika Anda terkena meningitis yang disebabkan karena bakteri.

Sifat antioksidan dan vitamin pada makanan yang kaya akan kandungan vitamin C membantu melawan radikal bebas yang akan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C juga dapat membatu kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan mengobati meningitis karena bakteri. Sumber makanan yang efektif mengandung vitamin C selain pada buah jeruk dapat juga Anda temukan pada tomat, cantaloupe, paprika merah mentah, brokoli, strawberry dan kiwi.

Kunci utama untuk melawan meningitis adalah kekebalan tubuh. Jika Anda memiliki kekebalan tubuh yang baik, maka virus ataupun bakteri tidak akan membuat Anda sakit. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL