Manfaat Lidah BuayaLiputanIslam.com — Ekstrak lidah buaya seringkali kita temukan dalam kemasan shampo penyubur rambut. Namun siapa sangka, ternyata lidah buaya bisa dijadikan jus yang bermanfaat bagi tubuh.

Cara membuat jus lidah buaya:

* Potong beberapa lembar daun lidah buaya yang cukup tua langsung dari tanaman.

* Kupas sisi daun lidah buaya yang berduri dengan menggunakan pisau kupas, lalu cuci daun lidah buaya dengan air matang.

* Belah daun lidah buaya menjadi dua. Keruk gel (daging) lidah buaya dengan menggunakan sendok. (Catatan: Jika Anda kurang nyaman dengan cara ini, anda dapat mengupas keseluruhan kulit dan memotong kecil-kecil “daging” lidah buaya).

* Masukkan gel lidah buaya ke dalam blender, tambahkan air perasan buah jeruk secukupnya. Blender bahan-bahan ini selama 2 menit. (Catatan: Gel lidah buaya tanpa kulit tidak tahan lama karena akan teroksidasi oleh udara. Air jeruk berguna untuk menstabilkan gel lidah buaya supaya tahan lama dan untuk memberikan cita rasa).

* Tuang jus lidah buaya buatan anda ke dalam wadah dengan tutup kedap udara. Diamkan di dalam lemari es minimal 2 jam.

* Jus lidah buaya anda siap dikonsumsi. Jus ini tahan selama seminggu, namun untuk mendapatkan manfaat kesehatan maksimal, sebaiknya dihabiskan dalam 3 hari.

Cara menikmati  jus lidah buaya: tuang dua sendok makan jus lidah buaya ke dalam segelas air matang, lalu aduk. Jus ini masih dapat ditambahkan jus buah jika Anda suka.

Jus lidah buaya dianjurkan untuk dinikmati karena memiliki banyak manfaat, diantaranya:

Kaya vitamin dan mineral
Lidah buaya mengandung Vitamin A, B12, C dan E. Jus lidah buaya juga mengandung asam folat, kolin, kalsium, magnesium, seng, kromium, selenium, sodium, besi, kalium, tembaga, dan mangan.

Mendetoksifikasi tubuh
Jus lidah buaya tinggi akan asam amino, vitamin, dan mineral. Ketiganya bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan serta menghilangkan racun dari dalam tubuh secara alami.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Kandungan polisakarida di dalam lidah buaya menjaga agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga. Peradangan dalam tubuh yang menyebabkan masalah kesehatan seperti asma juga mampu disembuhkan dengan minum jus lidah buaya.

Menurunkan kolesterol dan gula darah
Lidah buaya dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengontrol kadar gula darah. Sehingga mampu menghindarkan Anda dari kolesterol dan diabetes.

Menyehatkan rambut
Vitamin alami dan enzim di dalam lidah buaya membantu untuk menyuburkan pertumbuhan rambut dan meningkatkan kualitas rambut Anda.

Menenangkan trauma luka bakar
Ketika Anda terkena luka bakar atau jerawat, coba oleskan jus lidah buaya. Kandungan bahan alami di dalamnya mampu menenangkan kulit yang meradang, mempromosikan pertumbuhan kolagen, serta mampu menghidrasi kulit.

Untuk mendapatkan manfaat sehatnya, cobalah untuk mengonsumsi jus lidah buaya setiap hari atau setidaknya sekali dalam 2 hari. Selamat mencoba. (ba/dari berbagai sumber)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL