kunyitLiputanIslam.com – Kunyit adalah salah satu jenis rempah yang sudah tak asing bagi masyarakat Indonesia. Selain memberikan warna kuning, kunyit juga digunakan untuk memberikan rasa pada makanan. Tak hanya cocok untuk digunakan dalam masakan, kunyit ternyata juga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Salah satunya adalah meredakan sakit kepala.

Joy Houston dari Somina Wellness Center di San Diego mengungkap bahwa kunyit bisa meredakan sakit kepala dengan sangat baik. Zat curcumin yang ada di dalamnya bekerja sebagai zat anti-peradangan yang terbukti bisa melemaskan otot untuk mencegah sakit setelah berolahraga.

Menurut Joy, dalam beberapa kasus, kunyit bahkan bisa memberikan efek yang lebih baik dibandingkan obat-obatan atau ibuprofen yang dijual secara bebas. Salah satu kelebihan kunyit dibanding obat adalah karena kunyit tak menyebabkan efek samping apapun.

Selain meredakan sakit kepala, kunyit juga memiliki berbagai manfaat lain. Berikut adalah manfaat lain yang bisa diberikan oleh kunyit, seperti dilansir oleh Pop Sugar (20/02).

1. Meredakan arthritis
Selain mengalami rasa sakit yang biasa, beberapa penderita arthritis juga mengalami sakit pada persendian. Namun dengan kunyit, rasa sakit ini bisa diredakan dengan mengonsumsi kunyit.

2. Memperbaiki pencernaan
Dalam sebuah penelitian di Thailand, 87 persen orang yang mengonsumsi kunyit selama tujuh hari mengalami perbaikan sistem pencernaan dan mengalami penyembuhan dari masalah pencernaan yang mereka alami.

3. Menurunkan berat badan
Dalam sebuah penelitian di Tufts University, peneliti menemukan bawah kunyit bisa membantu menurunkan berat badan. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL