Jakarta, LiputanIslam.com—Sudah banyak kita mendengar bahwa sebelum mulai mencintai orang lain, seharusnya kita bisa mencintai diri sendiri. Pasalnya, dengan mencintai diri sendiri, kita bisa tahu yang terbaik untuk diri sendiri sehingga orang lain juga bisa ikut mencintai.

Namun, bagi sebagian orang, mencintai diri sendiri bukan hal yang mudah.

Jika mengalami empat hal ini, bisa dikatakan kita masih belum bisa mencintai diri sendiri.

  1. Membatasi dan tak berani mengembangkan diri
    Jika selama ini kita tak berani mengembangkan diri dan selalu membatasi diri, berarti kita masih belum bisa mencintai diri sendiri. Bila tak berani mencoba hal baru dan hanya selalu membatasi diri, tentunya kita tak akan bisa berkembang.
  2. Hidup diatur orang lain
    Meski sudahdewasa, hidup kita masih sering diatur orang lain. Seharusnya kita tak boleh lagi terlalu pasrah pada hidup sehingga hidup diatur orang lain. Cobalah lebih mandiri dalam memutuskan sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan. Jangan malu atau ragu lagi karena itu adalah hidup kita.
  3. Tidak percaya diri
    Sifat yang satu ini memang bisa membuat kita sulit berkembang. Tidak percaya diri juga menjadi salah satu masalah yang sering dialami para remaja. Padahal sebenarnya rasa tidak percaya diri bisa dihilangkan jika kita percaya bahwa semuanya bisa dilakukan.
  4. Terlalu sering mendengarkan kritik serta perkataan buruk dari orang lain
    Mendengarkan kritik orang lain memang perlu. Namun, jika mereka sudah memberikan perkataan buruk, sebaiknya kita jangan terlalu sering mendengarkannya. Apalagi jika perkataan buruk itu sampai dipikirkan dalam-dalam karena hanya akan membuat kita merasa terpuruk. (ra./tempo)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL