gambar-telur-puyuhLiputanIslam.com — Vitamin D sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama sekali yang terkait dengan kesehatan tulang, organ penting, hingga kesehatan sistem pencernaan.

Sumber vitamin D berasal berasal dari sinar matahari. Namun dewasa ini, banyaknya isu mengenai bahaya sinar UV bagi kesehatan, membuat kita tidak lagi bersahabat dengan matahari. Karena itulah, untuk mencukupi kebutan vitamin D, kita harus mengonsumsi makanan seperti ikan, susu, telur, jamur, sereal, keju dan hati sapi.

Jika kita kekurangan vitamin D, maka dalam tubuh kita akan timbul masalah, diantaranya;

Osteoporosis
Salah satu gangguan kesehatan yang paling umum terjadi pada tubuh ketika kekurangan vitamin D adalah osteoporosis atau rapuhnya tulang. Sebab vitamin D penting untuk menjaga kepadatan serta kekuatan tulang. Kekurangan vitamin D akan menyebabkan tulang mejadi tipis, lemah, dan mudah patah.

Asma
Asma juga bisa Anda dapatkan ketika tubuh Anda kekurangan vitamin D. Sebab ketika tubuh Anda kekurangan vitamin D, maka tidak ada yang memblokir protein penyebab peradangan di paru-paru. Dan hasilnya, Anda bisa terinfeksi asma.

Gangguan jantung
Sebuah penelitian kesehatan telah menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat menyebabkan risiko yang lebih tinggi untuk terkena tekanan darah tinggi. Selain itu, tingkat kematian dini akibat penyakit kardiovaskular juga bisa terjadi ketika tubuh Anda tidak mendapatkan pasokan vitamin D yang cukup. Dan tentu saja hal tersebut mampu menyebabkan gangguan jantung.

Peradangan
Salah satu masalah kesehatan yang bisa didapatkan dari kurangnya vitamin D adalah peradangan. Peradangan ini terjadi karena tubuh Anda mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh. Kurangnya vitamin D juga akan memicu penyakit radang usus, diabetes, serta rheumatoid arthritis.

Kolesterol
Kolesterol bisa terjadi pada tubuh yang kekurangan vitamin D. Hal ini terjadi karena vitamin D memiliki fungsing untuk mengatur kadar kolesterol dalam darah.

Alergi
Penelitian menunjukkan anak-anak yang memiliki kadar vitamin D yang lebih rendah memiliki risiko tinggi untuk terkena alergi baik alergi dari makanan maupun dari udara yang dingin.

Karena kekurangan vitamin D mampu menyebabkan inflamasi atau peradangan di sistem pernapasan, maka Anda pun akan rentan untuk terkena flu. Sebab virus flu dan pilek akan dengan mudah menyerang tubuh yang kekurangan vitamin D.

Depresi
Tahukah Anda bahwa tubuh yang kekurangan vitamin D akan rentan untuk terkena depresi? Menurut beberapa penelitian, vitamin D memegang peranan penting dalam mengolah stres yang mampu berlanjut menjadi depresi.

Diabetes
Penelitian kesehatan membuktikan bahwa vitamin D membantu dalam sekresi insulin dari pankreas dan meningkatkan respon tubuh terhadap glukosa darah. Sehingga jika tubuh Anda kekurangan vitamin D, maka Anda akan rentan terkena penyakit diabetes.

Gangguan kesehatan gigi
Selain mampu meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang, vitamin D juga memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan gigi. Para lansia sendiri yang kekurangan vitamin D akan memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami gigi tanggal.

Arthritis
Penelitian kesehatan lainnya membuktikan bahwa wanita yang mendapatkan asupan vitamin D yang cukup, maka akan memiliki risiko rendah untuk terkena penyakit arthritis atau nyeri sendi.

Kanker
Tidak banyak yang tahu bahwa kekurangan vitamin D mampu menyebabkan kanker. Bahkan 75% kasus kanker terjadi karena tubuh kekurangan vitamin D. (ba/ dari berbagai sumber)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL