remote_image_1335760377

Sumber foto: www.yousaytoo.com

LiputanIslam.com — Seribu satu cara dilakukan oleh scammers untuk menipu wanita Indonesia. Seperti kata mereka,

“ Cukup modal photo ganteng tinggal cari di google, plus pamer jabatan dan rayuan gombal maka banyak cewek termehek-mehek. Kalau sudah jatuh cinta setengah hidup maka dimintain apa saja nurut demi ‘yayang bule’ tercinta.”

Memang benar kenyataannya hingga saat saya menulis artikel ini masih ada saja wanita Indonesia yang percaya sang kekasih adalah bule asli dan kaya raya padahal cuma lihat foto. Begitulah jika perasaan mengalahkan logika.

Sebut saja namanya Aida, seorang single mother yang tahun lalu diajak berkenalan oleh bule ganteng dan kaya raya mengaku bernama Franklin Timberland. Duda dengan jabatan keren abis, yaitu Manager Central Bank Of Iran. Semula Aida tak menghiraukan tapi lama lama termakan rayuan. Alasannya, dia  tak mampu menolak melihat wajah sang pria yang super ganteng dengan jabatan bagus.

Lima bulan memadu kasih tanpa masalah yang berarti, walau Aida tak pernah melihat wajah sang kekasih tapi cinta setengah mati. Yang penting fotonya ganteng. Lalu Franklin cerita bahwa dia punya uang 1 juta dollar Amerika setelah istrinya tiada. Uang itu akan dipindahkan ke Indonesia lewat American Express. Lalu Aida memberikan alamat rumah dan nomor telpon seperti yang diminta sang kekasih maya.

Bulan Februari 2014 Aida mendapat SMS dari Franklin , katanya bulan depan akan habis kontrak di Iran dan akan pindah ke Indonesia untuk merintis usaha bersama lalu menikah. Tentu saja Aida sangat bahagia membayangkan masa depan yang begitu indah bersama sang kekasih.

Suatu hari tiba tiba Aida mendapat kabar bahwa Franklin dihadang teroris saat pulang kantor lalu mengirim foto tangannya yang luka-luka dan sedang dirawat di rumah sakit. Saat itu Aida mulai curiga tapi rayuan maut sang kekasih membuatnya percaya lagi.

Tanggal 23 Maret 2014 Franklin mengatakan lewat sms bahwa ia telah mengutus kurir bernama Adam Brouw untuk membawa paket dan akan tiba di Indonesia esok harinya. Aida diminta menjaga rahasia tentang uang didalam paket itu karena si kurir tidak tahu apa apa. Cukup ikuti apa yang diperintah olehnya dan tak boleh membantah.

Benar saja sehari kemudian Aida menerima telpon dari Adam yang mengabarkan ada titipan paket dari sang “Manager Central Bank of Iran”. Berhubung Aida tak bisa Bahasa Inggris maka ada seorang penterjemah wanita yang membantunya bicara dengan Adam, Tentu saja Aida bahagia bukan main ternyata kekasihnya tidak berbohong akan menitipkan uang 1 juta US dollar. Ia merasa mimpinya akan menjadi kenyataan menikah dengan bule ganteng dan kaya raya.

Aida kaget bukan main saat Adam minta uang jasa 7,5 juta rupiah sebelum mengirim paket ke alamat rumahnya. Alasannya kekasih Aida sedang dirawat di rumah sakit makanya belum bisa ke Indonesia dan menyuruh kurir membawa paket.

Tak lama Aida mendapat sms dari Franklin yang dengan menghiba menyuruh Aida membayar apa yang diminta sikurir karena takut kalau uang 1 juta dollarnya hilang. SMS yang bertubi tubi dengan nada sedih membuat Aida terharu dan panik karena tak punya uang sebanyak itu. Ia mulai curiga karena sang kekasih terus memaksa agar meminjam pada siapa saja Tak lama ia kirim SMS:

“Pesan kamu tak masuk akal! Kamu tahu aku tak punya uang sebanyak itu.”

Ternyata Aida langsung dimaki-maki oleh sang kekasih dengan menyebut kebun binatang, perempuan tak berguna dan kata-kata super kasar lainnya. Kemana ya kata-kata yang bikin Aida klepek-klepek seperti  “Darling, honey, baby, I love you, I miss you bla bla bla….? “

Di sini Aida baru sadar bahwa sang kekasih adalah scammer. Lalu ia pura-pura baikan lagi dan mengirim SMS dengan mesra:

“Sayang, aku sudah dapat uang nih! Dari keluarga sebanyak 15 juta. Tolong kasih tahu dimana lokasi kurir kamu menunggu di bandara. Aku akan kesana tapi takut bawa uang banyak sendirian makanya aku ajak polisi.“

Dapat dibayangkan gimana ngamuknya sang scammer karena gagal menipu. Aida pun melawan dengan kata-kata hinaan. Selesai curhat dengan saya, Aida mengirim link FB si scammer sambil berkata,“Bunda, inilah photo si penipu biadab bernama Franklin Timberland!”

Saya dapat mengerti betapa marahnya Aida, walau tak rugi yang tapi pasti  kecewa dan patah  hati . Ia sudah membuang waktu dan energi melayani scammmer tak punya hati.

Pendapat penulis atas kisah Aida :

  • Photo ganteng yang dipakai scammer adalah milik junior senator Amerika asal Utah, Michael Shumway Lee.
  • Nama Central Bank Of Iran salah, yang benar adalah Central Bank of  The Islamic Republic of Iran dan pejabat-pejabat di bank tersebut semua orang asli Iran. Mana ada manager bank bernama Franklin Timberland. Ketahuan si scammer ngarang.com
  • Tentu scammer sabar menunggu lima bulan karena wanita yang dirayu banyak.
  • Perasaan Aida mengalahkan logika, mana ada manager bank punya uang senilai 1 juta dollar Amerika.
  • Franklin alasan dihadang teroris dan mengutus Adam padahal Franklin = Adam, penterjemah wanita adalah komplotannya.
  • Aida sadar setelah dimaki scammer karena tak punya uang untuk membayar. Andai saat itu ia punya uang pasti tak akan tega pada kekasihnya yang mengiba.
  • Sifat asli scammers, sadis dan licik. Kalau gagal menipu mereka akan memaki dengan kata-kata kasar. Si wanita akan disalahkan seolah gara-gara tidak  mau bayar seperti yang diminta, si scammer kehilangan uang jutaan dollar.

Tak bosan saya mengingatkan agar jangan mudah percaya lelaki maya yang tidak pernah terlihat wujud aslinya. Gunakan logika jangan cuma pakai perasaan, jadilah wanita Indonesia yang cerdas dan bermartabat.
Disalin dari artikel Fey Down di Kompasiana (ba/LiputanIslam.com)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*