labu siam

labu siam

LiputanIslam.com– Labu siam menjadi salah satu jenis sayur yang sering dikonsumsi di Indonesia. Nama ilmiah dari sayur ini adalah Sechium edule. Tahukah Anda, bahwa ternyata labu siam merupakan makanan penting bagi Suku Aztek, serta menjadi sayur yang populer dalam berbagai hidangan Meksiko? Nah, kira-kira apa saja manfaatnya bagi tubuh? Berikut adalah hasil rangkuman kami dari healthatoz.org.

1. Sumber serat

Labu siam adalah makanan rendah kalori, kolesterol atau lemak jenuh. Dan selain itu, itu adalah sumber serat yang sangat baik bagi tubuh.

2. Mengontrol tekanan darah tinggi

Labu siam juga dikatakan dapat membantu mengontrol tekanan darah. Tingginya kadar kalium dalam sayur ini dapat membantu menyeimbangkan efek natrium, yang nantinya bisa mencegah hipertensi.

3. Menjaga kesehatan jantung

Menurut penelitian, kandungan homosistein yang berlebihan dalam darah dapat meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung. Sementara itu, labu siam adalah sumber folat (vitamin B9), vitamin yang dapat membantu mencegah penumpukan asam amino.

4. Antioksidan

Labu siam adalah sumber vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan yang kuat. Antioksidan adalah zat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

5. Baik untuk ibu hamil

Vitamin B9 (asam folat) merupakan salah satu kandungan terbaik dari labu siam. Ini sangat penting untuk kesehatan ibu hamil. Studi menunjukkan bahwa kekurangan vitamin B9 dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan bagi bayi, misalnya, malformasi ekstremitas, cacat tabung saraf, masalah jantung, dll.

6. Mengatasi anemia

Kekurangan vitamin B2 dan zat besi dapat membuat seseorang menderita anemia. Labu siam adalah sumber kedua senyawa tersebut, yang dapat merangsang produksi sel darah merah dan kadar hemoglobin. (ba/merdeka.com)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL