Jakarta, LiputanIslam.com—Sebagai pemasak pemula, tentu ada banyak tantangan untuk membuat masakan yang sempurna. Cara agar bisa memasak makanan yang lezat adalah dengan memahami lebih tentang teknik-tekniknya. Berikut ini, Anda bisa membaca 6 tips dan rahasia memasak ala chef professional yang mungkin akan berguna untuk Anda.

  1. Teknik menumis

Menumis merupakan teknik memasak yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Memasak dengan cara menumis akan menghasilkan aroma dan citarasa masakan lebih gurih juga sedap. Biasanya Anda membutuhkan suhu yang cukup tinggi ketika menumis supaya masakan lebih cepat matang. Namun sebelum itu dilakukan, pastikan Anda menyiapkan wajan yang benar-benar bersih. Lalu pastikan juga wajan dalam kondisi panas yang tepat. Jika wajan belum panas maka ketika Anda memasukkan ragam sayuran, justru sayur akan mudah layu dan menghasilkan cairan.

Cara mengantisipasi yakni menyiapkan lebih dahulu bumbu masak dan sayur yang sudah dicuci lalu dipotong sesuai selera. Berikutnya, letakkan wajan diatas api besar lalu panaskan sekitar 1-2 menit. Berikutnya tuangkan minyak goring, tunggu hingga sedikit mendidik dan masukkan sayuran segar. Tak perlu lama menunis sayuran, cukup lakukan dengan cara cepat agar warna, tekstur dan kerenyahan sayuran tetep terjaga. Menumis terlalu lama sayuran juga bisa membuat nutrisi dan vitaminnya memudar. Jadi perlu berhati-hati dengan waktu memasak Anda.

  1. Menyiasati bawang gosong

Menumis bawang pasti menghasilkan aroma yang sedap terlebih jika dicampur dengan bahan lain dalam tumisan. Untuk menumis bawang, usahakan tidak terlalu lama karena bias mengakibatkan gosong. Bawang yang dimasak dalam api besar akan mudah gosong tak kurang daring satu menit saja. Untuk itu Anda perlu berhati-hati.

Cara paling aman memasak bawang, baik bawang putih, bawang merah atau bawang Bombay adalah dengan mememarkan atau mengiris terlebih dahulu bawang. Cara ini ternyata dapat membantu mencegah kemungkinan bawang mudah gosong. Atau jika Anda lebih menyukai bawang yang di cincang, maka taburkan bawang pada wajan saat proses terakhir memasak. Namun khusus bawang putih sebaiknya tidak memasukkan pada tahap akhir untuk sajian yang berkuah supaya citarasa sedap masakah bias terasa. Aroma kuat dari bawang putih tentunya akan mudah terasa ketika ditumis di awal.

  1. Teknik mematangkan daging dengan sempurna

Siapa yang tidak menyukai daging. Daging adalah sumber makanan bergizi dan lezat untuk dinikmati. Akan tetapi banyak dari pemula yang kurang paham cara memasak daging dengan benar. Terlebih jika Anda ingin menggunakan daging sebagai olahan steak untuk acara tertentu misalnya acara diner atau pesta ulang pernikahan. Memasak daging itu gampang-gampang susah, karena banyak orang masih gagal membuat daging menjadi matang dengan sempurna. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda membutuhkan cara terbaik seperti cara ala chef professional. Setelah daging disiapkan, coba Anda masak diatas loyang yang sudah diberi sedikit minyak. Untuk memastikan steak daging tersebut matang sempurna, coba tekan daging dengan jari jemari. Jika tekstur daging kaku, dan tidak mengeluarkan cairan maka daging sudah bias diartikan well done atau matang sempurna.

  1. Jangan sampai sayuran terlalu lembek

Ketika sedang asyik mem blansir sayuran, terkadang Anda membuatnya menjadi terlalu lembek akibat overcooked alias terlalu lama memasaknya. Selain tidak terlalu lama menumis sayuran, usahakan untuk mencegah mem blansir sayuran agar kerenyahan tetap terjaga sehingga tetap enak dimakan. Supaya hal ini tidak menimpa Anda, maka teknik memasaknya adalah rendam sayuran didalam air es beberapa menit sebelum di blansir. Kemudian blansir sayuran selama 3 hingga 7 menit saja. Segera setelahnya angkat sayuran dan tiriskan. Siram sayuran yang telah diblansir dengan air panas. Langkah ini mampu menghindari proses memasak pada sayuran Anda sehingga tekstur sayuran tetap renyah dan tidak layu.

  1. Gorengan kurang renyah

Kerenyahan setiap gorengan menjadi kenikmatan tersendiri bagi yang menyantapnya. Yah, menyantap gorengan yang renyah mampu menggugah semangat kita untuk makan dan makan lagi bukan. Namun masih banyak orang yang kurang paham mengapa gorengan yang dimasak sendiri belum juga renyah. Mungkin saja Anda terlalu banyak memasukkan bahan ke dalam wajan sehingga menurunkan suhunya. Sebenarnya, kunci membuat gorengan menjadi renyah adalah menggorengnya dalam suhu tinggi. Anda cukup menjaga kestabilan minyak penggoreng atau gunakan cara fryer yakni tekni merendam gorengan dalam minyak.

  1. Teknik memeras lemon

Terakhir, teknik yang biasa digunakan oleh para cheft professional adalah dengan memeras lemon. Sudah menjadi rahasia dari para tukang masak supaya menghasilkan sajian yang lezat dan bercitarasa. Perasan air lemon memang bias membuat daging lebih empuk dan bebas amis jiga membantu menghasilkan aroma sedap pada masakan. Anda hanya membutuhkan air perasan jeruk. Supaya sari jeruk bias keluar Anda bias rendam jeruk dengan air hangat selama 20 menit. Atau panaskan jeruk dengan microwave selama satu menit sebelu nanti lemon digunakan untuk menumis atau memasak bahan lain.

Demikian tips dan rahasia membuat masakan Anda sempurna seperti resepnya para chef professional. Semoga membantu! (ra/ halojasa.com)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*