Jakarta, LiputanIslam.com–Membaca banyak buku pastinya memiliki banyak manfaat bagi diri. Tapi, bagi sebagian orang, membaca banyak buku tidak semudah yang dipikirkan. Jika Anda salah satu orang itu, intip 9 tips berikut ini.

 

 

 

 

  1. Buat target yang realistis
    Kira-kira ada berapa buku yang ingin Anda baca tahun ini? 10? 12? 15? Dibandingkan tahun lalu yang hanya 4 buku, itu adalah suatu peningkatan. Ketahui kemampuan serta waktu Anda dan jangan buat target yang terlalu tinggi.
  2. Tentukan jumlah halaman yang dibaca per hari
    Target harian bisa diatur lewat jumlah halaman atau waktu yang disisihkan. Tak masalah membaca 20 halaman sehari atau membaca selama 30 menit, yang penting ada penambahan setiap harinya.
  3. Pilih waktu membaca yang terbaik
    Kegiatan ini bisa dilakukan di sela-sela waktu Anda. Itu juga bisa diatur sendiri, karena tidak semua orang punya jadwal yang sama. Bisa sebelum tidur malam atau saat perjalanan ke kantor.
  4. Ciptakan suasana yang nyaman
    Selain menciptakan ruangan yang nyaman untuk membaca, Anda juga harus bisa menata rumah sedemikian rupa agar membangkitkan semangat membaca. Misalnya dengan memposisikan rak buku di area yang mudah terlihat sehingga Anda selalu teringatkan secara tak langsung.
  5. Bawa buku kemana saja
    Kemana pun Anda pergi, pastikan ada satu buku yang Anda bawa di dalam tas. Jadi, ketika terjebak macet atau harus menunggu orang, Anda bisa menfaatkan waktu tersebut untuk membaca.
  6. Manfaatkan ebook
    Zaman sekarang sudah banyak buku yang bentuknya elektronik dan bisa dibaca lewat ponsel Anda. Manfaatkanlah hal itu, jadi jangan lagi beralasan buku itu berat dan sulit dibawa ke mana-mana. (ra/womantalk.com)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*