Warga menata daging kurban diatas daun pisang dan daun jati di Blitar, Jawa Timur, Minggu (11/8/2019). ANTARA FOTO/Irfan Anshori/hp.

Jakarta, LiputanIslam.com–Hari raya Iduladha telah usai. Kulkas pun melimpah dengan daging kurban. Jika Anda salah mengolah daging kurban Anda, resikonya adalah ia akan menjadi alot dan bau. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Simak tips-tips berikut ini yang dirangkum dari Merdeka:

  1. Singkirkan Lemaknya

Sebagian besar aroma perengus pada daging kambing berasal dari lapisan lemak yang menempel di daging. Anda bisa meniru cara yang direkomendasikan Livestrong untuk mengatasinya.

Buang lemak berlebih yang menempel pada daging dengan mengirisnya.

Agar lebih mudah, dinginkan dulu daging kambing di dalam lemari es. Jika lapisan lemak sudah beku, mengirisnya akan jauh lebih mudah.

  1. Jangan Dicuci

Normalnya daging harus dicuci bersih dahulu sebelum dimasak. Tetapi kalau Anda melakukan ini terhadap daging kambing, tekstur daging akan jadi lebih alot dan bau amisnya semakin tajam.

Sebaiknya langsung direbus  dalam keadaan tak dicuci. Buang air rebusan kambing, setelah itu olah daging seperti biasa.

  1. Taburi Garam

Kalau daging kambing yang Anda dapatkan sudah terlanjur dicuci, Anda bisa menambahkan taburan garam untuk menetralisir darah yang menyebabkan aroma tak sedap.

Balurkan garam ke seluruh permukaan daging, kemudian diamkan selama 1 jam. Cuci kembali daging kambing sebelum diolah.

  1. Baluri dengan Parutan Nanas

Getah nanas yang tajam juga bisa dimanfaatkan untuk melunakkan daging kambing yang alot. Selain itu juga bisa membantu mengatasi aroma amis daging.

Lumuri daging kambing mentah dengan parutan nanas, kemudian diamkan selama setengah jam. Setelah itu baru olah seperti biasa.

  1. Rebus dengan Rempah-Rempah

Kalau Anda lebih suka mencuci daging lebih dulu, sebaiknya rebus daging kambing yang sudah dicuci dengan campuran rempah-rempah berbau harum seperti daun jeruk, jahe, serai, dan kemangi.

  1. Baluri dengan Parutan Pir

Selain buah nanas, buah pir juga bisa dimanfaatkan untuk melunakkan daging. Di barat penggunaan buah ini untuk melunakkan daging lebih umum daripada nanas. Caranya sama saja seperti nanas. Parut buah pir, kemudian gunakan untuk melumuri daging.

  1. Bungkus dengan Daun Pepaya

Daun-daunan bisa dimanfaatkan juga untuk melembutkan dan mengatasi bau tak sedap pada daging kambing.

Bungkus daging kambing mentah dengan daun pepaya. Enzim dalam daun pepaya akan bekerja menjadikan daging kambing lebih empuk.

Jika tidak ada daun pepaya, Anda juga bisa memanfaatkan daun jambu atau daun jati untuk membungkus daging kambing.

  1. Lumuri dengan Jeruk Nipis

Benarkah Tetes Jeruk Nipis Ampuh Atasi Mata Minus? (Vitalina Rybakova/Shutterstock)

Jeruk nipis punya banyak manfaat untuk mengolah daging kambing. Selain dapat melunakkan dan mengurangi bau amis daging, air jeruk nipis juga dapat membunuh bakteri. Lumuri daging kambing mentah dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan selama kurang lebih setengah jam, kemudian masak seperti biasa.

  1. Lumuri dengan Cuka Apel

Gunakan cuka apel untuk melumuri daging mentah. Kalau diolah menjadi steak, daging yang sudah dilumuri cuka apel bakal lebih juicy dan menyimpan rasa manis yang samar.

  1. Rendam dalam Cola

Minuman bersoda ini tak hanya bisa menyegarkan tenggorokan kala haus mendera. Dalam momen Idul Adha ini, cola bisa juga dimanfaatkan untuk mengempukkan daging.

Tak hanya itu saja, cola juga dapat menghilangkan bau dari daging mentah. Bagaimana caranya?

Cukup direndam selama setengah jam, kemudian masak sesuai selera. (ra/liputan6)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*