workaholic1LiputanIslam.com — Apakah Anda seorang workaholic? Workaholic adalah istilah untuk orang-orang yang gemar bekerja berlebihan sampai melupakan seluruh aspek kehidupannya. Kadang, istilah ini juga ditujukan untuk mereka yang mendapatkan kepuasan dari melakukan pekerjaannya ataupun mereka yang memprioritaskan pekerjaan di atas hal yang lain.

Namun ternyata, memaksakan kondisi tubuh untuk melakukan suatu pekerjaan memang sangat tidak disarankan karena tubuh manusia mempunyai batasan sendiri, apalagi untuk masalah pekerjaan yang selain mengandalkan fisik juga menguras pikiran. Biasanya, para workaholic mengambil jalan pintas dengan mengkonsumsi suplemen-suplemen penambah tenaga, padahal suplemen semacam ini biasanya mengandung banyak kafein dan hanya memompa semangat untuk sementara saja.

Selain itu, workaholic juga rentan menderita pernyakit berbahaya lho. Berikut ini, adalah penyakit yang mengintai workaholic, seperti dilansir brighterlife.co.id;

1. Kecanduan stimulan
Stimulan bersifat adiktif dan dapat memicu komplikasi di kemudian hari. Kecanduan kafein dan nikotin juga cenderung membuat seseorang mudah cemas dan mengalami gangguan tidur.

2. Gangguan pencernaan
Menurut sejumlah studi, kerja lembur dan kebiasaan makan tidak teratur memicu banyak gangguan pencernaan seperti sakit perut, mual, diare, konstipasi, dan heartburn yang oleh disebabkan kurangnya konsumsi air.

3. Penyakit jantung
Sebuah studi yang dimuat dalam American Journal of Epidemiology menunjukkan, bekerja lembur meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 80%. Studi tersebut menemukan, karyawan yang sering bekerja lembur secara signifikan rentan menderita serangan jantung dan stroke.

4. Insomnia
Saat orang bekerja lembur, mereka mengabaikan pentingnya kualitas dan kuantitas tidur. Dengan begitu, risiko insomnia pun akan semakin meningkat.

5. Diabetes
Orang yang sering lembur punya kecenderungan sulit mengontrol kebiasaan makan sehingga beresiko terkena diabetes. Lembur juga dapat menurunkan kadar leptin dalam tubuh. Leptin merupakan hormon yang berperan mengontrol nafsu makan.

6. Kesuburan menurun
Pada pria, bekerja lembur juga diketahui memicu banyak gangguan yang berhubungan dengan kesuburan. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh kecanduan stimulan yang sering dikonsumsi oleh mereka yang sering lembur. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL