Jakarta, LiputanIslam.com—Saat sahur, makan dalam porsi besar memang bisa membuat seseorang merasa kenyang. Namun di bulan puasa, akan percuma makan besar jika rasa kenyang tak bertahan lama sampai waktu buka.

Beberapa makanan memang diketahui dapat membuat seseorang kenyang lebih cepat. Mi instan contohnya, karena mengandung kuah dan indeks glikemik tinggi, rasa kenyang mudah datang, namun mudah pula hilang.

Dilansir dari detikHealth, ini dia beberapa makanan yang cocok disantap saat sahur. Selain mengenyangkan, makanan-makanan ini juga memiliki nilai gizi yang baik.

1. Nasi merah

Nasi merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada bubur, mi, atau pasta. Dengan mengonsumsi nasi saat sahur, rasa kenyang bisa bertahan hingga waktu berbuka puasa.

Pasalnya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan indeks glikemik yang rendah proses penyerapan zat gizi bisa terjadi secara perlahan sehingga rasa kenyang bisa bertahan lebih lama. Selain itu, disarankan juga untuk sahur mendekati dengan waktu imsak.

 2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kedelai, kacang tanah, kacang hijau, buncis dan kacang panjang merupakan menu yang tepat disantap saat sahur. Kacang kaya akan serat sehingga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.

Konsumsi kacang saat sahur membuat perut terasa kenyang lebih lama. Protein dalam polong juga penting untuk memperbaiki dan membangun jaringan tubuh.

3. Kurma

Disarankan juga untuk mengonsumsi dua sampai tiga butir kurma saat sahur karena mengandung tiga jenis zat gula, yaitu glukosa, sukrosa, dan fruktosa. Tiga jenis zat gula ini berguna untuk menaikan kadar gula dan menjaganya agar tetap stabil.

4. Apel dan pir

Buah seperti apel, pir dan semangka cocok dikonsumsi saat sahur karena memiliki kadar serat dan air yang cukup tinggi. Selain itu, buah seperti apel dan pir memiliki vitamin, kalsium dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

5. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks dapat dicerna tubuh lebih lama sehingga membantu perut tetap terasa kenyang selama berpuasa. Sumber karbohidrat yang tergolong kompleks antara lain oatmeal, gandum, beras merah, jagung, quinoa, ubi, kentang dan biji-bijian. (ra/detik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL