Resep-Sate-Kambing-Bumbu-Kecap-EmpukLiputanIslam.com –Salah satu menu olahan daging kambing yang sangat populer di Indonesia adalah sate. Menu ini bisa ditemukan hampir di seluruh kota di Tanah Air. Selain sate, daging kambing juga diolah menjadi gule dan tongseng. Di seluruh dunia, daging kambing juga salah satu jenis daging merah yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia.

Daging kambing terkadang memiliki reputasi buruk karena bisa meningkatkan kolesterol atau tekanan darah tinggi. Namun di balik itu, daging kambing memiliki beberapa manfaat kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan makan daging kambing seperti dilansir oleh merdeka.com 7 Maret 2015.

Pertama, saging kambing diklaim bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner. Meski mengandung lemak jenuh, namun daging kambing sebenarnya bisa menurunkan risiko terkena peradangan dan membuat detak jantung lebih stabil.

Kedua, daging kambing merupakan sumber makanan yang baik untuk mendapatkan CLA, yaitu asam lemak yang bisa mencegah kanker dan kondisi peradangan lainnya.

Ketiga, di dalam daging kambing juga terdapat vitamin B yang bisa membakar lemak. Dibandingkan daging lainnya, daging kambing mengandung protein lebih banyak dan memiliki tingkat lemak jenuh yang lebih rendah. Karena itu sebenarnya daging kambing baik untuk mengontrol berat badan dan menurunkan risiko obesitas.

Keempat, daging kambing mengandung selenium dan choline yang baik untuk mencegah kanker.

Kelima, wanita hamil lebih baik mengonsumsi daging kambing untuk mencegah anemia. Daging kambing akan memberikan asupan haemoglobin pada ibu dan meningkatkan suplai darah ke janin yang ada dalam kandungan.

Keenam, daging kambing memberikan asupan zat besi bagi wanita yang mengalami menstruasi. Tak hanya itu, daging kambing juga bisa digunakan untuk meredakan rasa nyeri selama menstruasi.

Ketujuh, karena banyaknya vitamin B12 di dalamnya, daging kambing akan menjadi makanan yang baik untuk menyehatkan kulit. Tak hanya itu, B12 juga bisa membantu meredakan stres dan depresi.

Kedelapan, daging kambing juga mengandung banyak asam lemak omega-3 yang efektif untuk merawat autisme.

Kesembilan, daging kambing memiliki kadar potasium dan sodium yang rendah, sehingga bisa digunakan untuk mengontrol tekanan darah, mencegah penyakit ginjal, dan stroke.

Kesepuluh, niacin dalam daging kambing juga membantu meningkatkan metabolisme energi. Protein di dalamnya berperan sebagai zat penekan rasa lapar yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Karena itu, daging kambing juga cocok untuk menjaga berat badan.

Selain manfaat di atas, daging kambing juga bisa membantu produksi sel yang akan menunda proses penuaan. Daging kambing juga membantu mengatur fungsi tiroid.

Nah, ternyata banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi daging kambing bukan? Karena itu jangan ragu untuk mengonsumsinya. Namun jika Anda memiliki kecenderungan hipertensi dan kolesterol tinggi, sebaiknya batasi konsumsi daging kambing. Konsultasikan jumlah daging kambing yang diperbolehkan untuk dikonsumsi dengan dokter agar daging kambing tak memicu masalah kesehatan untuk Anda. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*