ajak anak masakJakarta, LiputanIslam.com– Anak yang tidak suka makan sayur kadang bikin orang tuanya pusing. Mungkin perlu dicoba untuk melibatkan anak dalam proses memasak. Dengan begitu anak tidak cuma ‘kenal’ sayur di piring makannya tapi juga saat masih belum diolah.

Menurut studi yang digelar Nestlé Research Center di Lausanne, anak yang diajak menyiapkan makanannya sendiri makan sayur lebih banyak ketimbang anak yang tidak ikut memasak. Studi ini telah dipublikasikan di jurnal Appetite.

Dalam studinya, 47 orang tua dengan ditemani anaknya yang berusia 6-10 tahun diminta untuk menyiapkan makanan. Ada beberapa bahan yang telah disiapkan yakni breaded chicken, salad, kembang kol dan pasta.

Nah, separuh anak mau ikut terlibat dalam proses membuat makanan. Sementara sebagian anak lainnya membiarkan ayah atau ibunya sibuk sendiri di dapur.

Hasilnya anak-anak yang ikut masak bersama orang tuanya makan hampir 76 persen salad dan lebih dari 27 persen ayam. Anak-anak cenderung memakan lebih banyak makanan yang mereka siapkan ketimbang anak yang tidak ikut memasak. Hmm, sepertinya ini bisa jadi cara yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah anak yang susah makan.

“Dengan melibatkan anak dalam menyiapkan makanan, maka bisa membantu mengembangkan kebiasaan makan sehat dan meningkatkan konsumsi sayurannya,” kata Dr Klazine van der Horst, nutrisionis yang memimpin studi, dikutip dari nestle.com.

Mengapa anak cenderung makan lebih banyak jika dilibatkan saat memasak? Para nutrisionis berpendapat kegiatan memasak membuat anak merasa bangga dan independen. Selain itu anak yang ikut memasak memiliki kecenderungan akan lebih lama berada di meja makan untuk memakan dan menikmati makanannya.

Sementara terkait alasan jumlah salad yang dikonsumsi anak yang dilibatkan memasak lebih banyak, peneliti menduga karena anak bebas memilih makanan yang akan diatur di piringnya, sehingga bisa jadi anak akan menempatkan sesuatu yang lebih mudah dan tampak menarik. (ra/detik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL