diabetesJakarta, LiputanIslam.com– Diabetes diakui Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai salah satu penyakit yang mengancam kesehatan penduduk dunia. Bagaimana situasinya di Indonesia?

Dalam situs resminya, WHO menyebut kurang lebih 422 juta penduduk dunia mengidap diabetes melitus, dengan jumlah kematian 3,7 juta orang tiap tahunnya. Asia Tenggara menjadi daerah dengan jumlah pengidap diabetes yang cukup besar. hampir satu perempat pengidap diabetes berasal dari Asia Tenggara.

Menteri Kesehatan Prof Nila Moeloek mengatakan diabetes saat ini juga menjadi ancaman kesehatan masyarakat Indonesia. Menurutnya, diabetes kini bukan lagi ‘penyakit orang kaya’ yang tinggal di daerah perkotaan. Diabetes juga sudah mulai merambat ke desa.

“Bukan cuma di kota saja, di desa juga sudah mulai banyak yang mengidap diabetes. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 menyebut perbedaan prevalensi pengidap diabetes di kota dan desa sangat rendah, hanya satu tak sampai satu persen,” ungkap Menkes Nila dalam konferensi pers Gerakan Ayo Lawan Diabetes di Hotel Pullman, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (13/8/2016).

Lalu, bagaimana situasi dan kondisi penyakit diabetes di Indonesia saat ini? Berikut ini 4 fakta terkait diabetes di Indonesia:

1. Pengidapnya lebih dari 9 juta orang

Berdasarkan data Riskesdas 2013, prevalensi pengidap diabetes di Indonesia mencapai 6,9 persen. Itu artinya, sekitar 9,1 juta dari kurang lebih 250 juta penduduk Indonesia mengidap diabetes.

2. Penyebab kematian nomor 3

Diabetes melitus merupakan penyakit yang rentan menyebabkan komplikasi. Bahkan, diabetes melitus merupakan penyebab kematian nomor 3 di Indonesia dengan persentase 6,7 persen, di bawah stroke (21,1 persen) dan penyakit jantung (12,9 persen).

3. Kewaspadaan masih rendah

Hanya sekitar 20 persen dari seluruh pasien diabetes di Indonesia yang sadar bahwa dirinya mengidap diabetes. Bahkan Kemenkes menyebut 2 dari 3 pengidap diabetes tidak mengetahui dirinya terserang diabetes dan tidak mendapat pengobatan.

4. Penyakit paling ditakuti

Survei Sun Life Asia Health Index 2015 menyebut diabetes merupakan penyakit yang paling ditakuti di Indonesia. Diabetes berada di urutan pertama denga persentase 37 persen lalu diikuti oleh penyakit jantung di peringkat kedua dengan 31 persen dan gangguan pernapasan di 29 persen. (ra/detik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL