Jakarta, LiputanIslam.com—Pernahkah Anda bertanya-tanya, mengapa resolusi tahun baru yang Anda buat selalu gagal?

Ryan Kahn, pelatih karir dan pendiri “The Hired Group” memaparkan beberapa tabiat buruk yang bisa membuat kita jauh dari kesuksesan memenuhi resolusi tahun baru.

Tabiat-tabiat buruk ini harus kita hindari demi tercapainya semua keinginan kita. Inilah 6 tabiat buruk yang bisa menjauhkan kita dari kesuksesan.

  1. Tidak melakukan refleksi

Biasanya, perusahaan memiliki ulasan kinerja pegawainya selama setahun. Namun, jika memang tempat Anda bekerja tidak melakukan hal tersebut, maka luangkanlah waktu untuk Anda melakukan refleksi atas kinerja Anda sendiri.

Jangan terlena dengan kesuksesan yang telah Anda dapatkan. Luangkanlah waktu untuk melakukan evaluasi. Meskipun semua usaha Anda di tahun ini terbilang sukses, tetapi tidak ada pencapaian yang sempurna. Luangkanlah waktu untuk melakukan evaluasi.

“Luangkan waktu untuk memikirkan kembali apa yang sudah terjadi di tahun ini secara kritis sebelum berangkat berlibur,” kata Kahn.

  1. Lupa menentukan tujuan

Kahn mengatakan bahwa penting untuk memikirkan tujuan jangka panjang dan langkah jangka pendek Anda di Tahun Baru. Anda telah menjauhkan diri Anda dari kesuksesan jika Anda gagal membuat strategi untuk menuntukan langkah Anda ke depan nanti.

  1. Kerja di waktu libur

Orang-orang yang jauh dari kesuksesan biasanya tetap bekerja di waktu libur. Momen libur tahun baru ini adalah saat yang tepat untuk menyegarkan pikiran atau berkumpul dengan keluarga. Namun, momen ini akan sia-sia jika Anda melewatkannya dengan bekerja.

Cobalah untuk merayakan momen tahun baru ini untuk beristirahat atau menyegarkan pikiran dari rutinitas kerja Anda.

“Luangkanlah waktu ekstra agar Anda dapat menikmati momen liburan ini tanpa rasa khawatir,” ucap Khan.

  1. Gagal melepaskan diri dari ‘jeratan’ gawai

Jangan sia-siakan waktu libur Anda hanya dengan menghabiskan hari bersama gadget (gawai). Cobalah untuk meletakkan gadget Anda dan mencoba berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Seperti saran Khan, sebaiknya selama libur tahun baru ini Anda menghindari aktivitas seperti memeriksa email atau pesan dalam ponsel Anda. Dengan cara seperti itu, Anda sudah bisa beristirahat meski hanya sebentar.

  1. Tidak menjaga hubungan dengan baik

Entah itu hubungan dengan orang terkasih atau atau hubungan dengan sesama rekan kerja, menjaga hubungan tersebut berjalan dengan wajib adalah hal penting dalam hidup. Orang yang jauh dari kesuksesan sulit sekali menjaga hubungan baik dalam hidup mereka.

Khan mengatakan bahwa momen liburan adalah alasan yang tepat untuk mempererat hubungan kita dengan orang lain. Anda bisa memperat hubungan ini dengan mengirim kartu ucapan atau kado, bahkan sekadar menelepon untuk menanyakan kabar mereka.

  1. Tidak Mengucapkan terimakasih

Rasa syukur adalah hal yang penting untuk mendapatkan kesuksesan dan kebahagiaan hidup. orang sukses tidak pernah melupakan orang-orang yang telah membantu mereka mencapai tujuan dalam hidup.

“Akui bagaimana orang lain telah membantu dalam karir Anda sepanjang tahun ini. “Biarkan mereka tahu bahwa Anda menghargai usaha mereka,” ucap Khan. (ra/kompas)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*