kurma1LiputanIslam.com – Bulan Ramadan identik dengan makanan yang melimpah saat berbuka puasa. Berbagai makanan mulai dari gorengan, kue, es campur, hingga lauk-pauk tersedia di atas meja. Namun sebelum mulai “makan berat”, sebaiknya awali dengan mengkonsumsi kurma sesaat setelah berbuka.

Dikutip dari Tempo, Sabtu, 5 Juli 2014, kurma memiliki mekanisme penyembuhan alami untuk tubuh setelah tidak makan dan minum selama hampir 13 jam. Kandungan kalium pada kurma dapat mencegah dehidrasi.

Saat berbuka puasa penting untuk mengganti cadangan air yang hilang. Kombinasi kurma dan air juga dapat membuat tubuh tidak kaget saat tekanan darah menurun.

Kurma kering mengandung natrium, kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, mangan, silikon, klor, dan lainnya. Kurma juga mengandung banyak serat yang dapat mengatur jalannya pencernaan di dalam tubuh.

Kandungan vitamin A dan antioksidan dalam kurma sangat bagus untuk penglihatan. Selain itu, kurma juga dapat melindungi paru-paru, jantung, rongga mulut, dan menurunkan kolesterol.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Achmad Chodjim, seorang penceramah di berbagai acara keagamaan. Ia berpendapat, puasa sebetulnya mengubah jam makan dari siang menjadi malam. Sebaiknya berbuka dengan yang manis-manis, misalnya kurma.

Makan dua sampai tiga butir kurma dan air putih cukup untuk berbuka buat mengantarkan perut yang kosong agar siap menerima makanan berat. Menurutnya, kurma dapat menetralisasi lambung dan membantu proses detoksifikasi setelah sehari penuh berpuasa.

“Setelah makan kurma dan minum air putih, Anda bisa sholat maghrib dulu, bahkan bisa menunda makan sampai selesai sholat tarawih,” tambahnya.

Setelah itu silahkan mengonsumsi makanan berat dengan mengurangi karbohidrat. Sebab, meski kandungannya sedikit namun karbohidrat memiliki ampas yang banyak. Memaksa mengonsumsi makanan berat dari segi karbohidrat akan membuat Anda merasa mengantuk setelah sahur dan berbuka, karena perut yang kosong dipaksa mengolah mekanan-makanan berat.

 

Cara Memilih Kurma yang Baik

Berikut ini adalah tips memlih kurma yang baik menurut Prof Dr Hardinsyah, MS, Dekan Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor, yang dikutip dari infojajan.com

Ciri buah kurma baik adalah:

1. Selaput luarnya atau kulit arinya tidak rusak

2. Tidak dilumuri gula atau madu sehingga tidak lengket saat dipegang

3. Warnanya coklat-merah-kekuningan

4. Bentuknya besar, bukan kecil-kecil

5. Dikemas dengan baik

6. Ada izin dari Kementerian Kesehatan.

Menurut Hardinsyah, ada kurma di pasaran yang kurang baik karena dijual karungan. Sehingga berdebu, kumuh dan kotor. Selain itu kerap terdapat pasir dan potongan serat di kulit atau bagian luarnya. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL