Jakarta, LiputanIslam.comSelama beberapa tahun terakhir, kita mendengar istilah infused water atau detox water, sebuah minuman yang terdiri dari air mineral yang dipadukan dengan potongan buah. Minuman ini menjadi tren karena diklaim mendatangkan banyak manfaat.

Infused water dibuat dengan menambahkan potongan buah ke dalam sebotol air mineral. Setelah diaduk, botol segera ditutup dan disimpan di dalam lemari pendingin untuk setidaknya semalaman agar rasa dan sari buah menyatu dengan air. Biasanya setelah direndam di dalam air untuk waktu yang cukup lama, potongan buah menjadi lembek dan dibuang karena teksturnya yang kurang enak untuk dimakan

Infused water populer dan menjadi bagian dari gaya hidup karena dipercaya mendatangkan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Berikut ini beberapa klaim mengenai manfaat infused water beserta faktanya.

  1. Detoks alami

Perlu Anda ketahui, manfaat infused water juga bisa mendetoks tubuh secara alami. Sebab, air mineral yang dicampur oleh buah-buahan ternyata cukup ampuh dalam membuang racun dari dalam tubuh. Nantinya racun itu akan keluar bersama keringat dan air kencing

  1. Mencegah penuaan

Hal penting lainnya yang harus Anda ketahui adalah manfaat infused water ternyata bisa mencegah terjadinya penuaan. Jadi, ketika Anda ingin terlihat tetap cantik dan awet muda, minuman ini menjadi salah satu pilihan terbaik karena infused water mengandung antioksidan yang tinggi untuk menangkal radikal bebas.

  1. Melancarkan pencernaan

Selanjutnya, manfaat infused water juga sangat ampuh dalam memperbaiki sistem cerna sehingga semua masalah pencernaan akan teratasi dengan cepat. Ketika Anda mengalami sulit buang air besar (BAB), Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi infused water setiap hari, maka masalah itu akan segera hilang dengan efektif.

  1. Meningkatkan sistem imun

Tak kalah penting juga, manfaat infused water bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih kebal dari ancaman penyakit. Sebab, infused water sangat kaya akan vitamin yang bisa membuat tubuh Anda ternutrisi dengan baik. Akibatnya, sistem imun pun menjadi lebih kuat dalam menangkal berbagai ancaman penyakit yang merugikan tubuh.

  1. Sebagai pengganti air putih

Infused water bisa menjadi pilihan cara lain meminum air putih yang lebih menyehatkan. Khasiat infused water bisa membantu tubuh Anda tetap terhidrasi. Tubuh kita terdiri dari cairan sekitar 60 persen, maka kebutuhan air sangat penting agar tetap terhidrasi. Menjaga tubuh tetap segar dengan meminum air 8 hingga 12 gelas sehari.

  1. Minum vitamin dengan cara lain

Minum infused water bisa menjadi pilihan menyenangkan bagi mereka yang malas mengonsumsi vitamin dalam bentuk tablet, kapsul atau bentuk lainnya. Manfaat infused water sama baiknya dengan mengonsumsi vitamin, karena Anda akan mendapatkan vitamin yang berasal dari buah-buahan segar seperti vitamin C dan vitamin lainnya.

  1. Antioksidan

Manfaat infused water juga sebagai antioksidan. Cara memperoleh khasiatnya, tambahkan buah beri favorit, seperti blueberry, stroberi, blackberry, dan raspberry, untuk menyuplai antioksidan yang banyak. Buah-buahan ini akan memberikan sedikit manis untuk meningkatkan rasa.

  1. Mengurangi stres

Jika Anda menyukai minuman lemon dengan aroma lavender dengan tambahan rasa dari gula. Tidak ada salahnya memanjakan diri dengan lemon tanpa gula. Minumlah infused water lemon dan lavender yang bebas rasa manis. Manfaat infused water ini bisa memberi energi pada tubuh dan mengurangi perasaan stres dan kecemasan.

  1. Mengatasi peradangan

Lemon yang memiliki warna cerah ketika dicampurkan dengan kunyit, daya tarik warnanya  hidup dan enerjik. Bahkan, kunyit ini tidak hanya digunakan sebagai bumbu kari, tetapi berkhasiat mengatasi peradangan.

Cara mendapatkan manfaat infused water, campurkan lemon yang setengah diremas hingga mengeluariak air ke dalam cangkir, tambahkan ¼ sendok teh kunyit dan campur dengan air hangat. Tambahkan madu secukupnya jika diinginkan dan terus diaduk selagi hangat. Bubuk kunyit memang akan membuat air menjadi kuning, namun kunyit secara alami akan mengendap ke dasar cangkir.

  1. Mengatasi sindrom iritasi usus

Buah semangka sangat menyegarkan karena mengandung banyak air, sehingga cocok menjadi infused water. Cara membuatnya, campurkan semangka dengan beberapa daun mint ke dalam air putih. Manfaat infused water ini dapat mengatasi pencernaan bersama dengan mengurangi gejala tidak nyaman dari sindrom iritasi usus (IBS). Mint juga dapat meningkatkan fungsi memori dan kognitif, ini menjadi alternatif untuk minuman yang mengandung gula dan berkafein.

 

Berikut ini adalah beberapa menu yang dapat dicoba.

  • Siapkan 1 buah lemon, setengah buah mentimun diiris tipis, 15 gram daun mint, masukkan ke dalam 3 liter air. Aduk, tutup rapat, dan simpan dalam lemari pendingin selama 2-3 hari. Pastikan infused water tidak terlalu asam. Jika terasa asam, tambahkan air.
  • Siapkan satu liter air, 6 buah stroberi potong, dan 225 gram nanas potong. Masukkan stroberi dan nanas dalam air, aduk, tutup rapat, dan simpan dalam lemari pendingin.
  • Bekukan sekitar 300 gram biji delima dengan air di dalam cetakan es batu. Setelah beku, masukkan ke dalam 2 liter air mineral yang telah dimasuki irisan lemon dan diamkan di dalam lemari pendingin.

Pastikan air yang digunakan adalah air matang dan buah yang digunakan segar serta telah dicuci bersih. (ra/doktersehat/hellosehat)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*