roti tawarRoti tawar sering dijadikan sarapan, karena praktis, dianggap sehat, enak di lidah. Selain itu, mungkin terasa ada kesan ‘modern’. Padahal ternyata roti tawar tidak baik untuk kesehatan. Berikut beberapa efek buruk roti tawar bagi kesehatan:

  1. Tidak Mengenyangkan
    Serat merupakan unsur penting di dalam tepung yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, membantu pencernaan dan membuat efek kenyang lebih lama. Sayangnya, roti tawar terbuat dari tepung halus yang sebagian besar seratnya hilang saat sedang diproses. Hal ini membuat Anda cepat merasa lapar. Hal ini berbeda dengan roti gandum yang masih kaya serat.
  2. Meningkatkan Kadar Gula Darah
    Roti tawar terbuat dari biji-bijian olahan yang mudah diserap selama proses pencernaan. Hal ini cenderung menyebabkan lonjakan tajam dalam gula darah dan insulin. Roti putih adalah makanan yang tinggi akan glisemik yang membuat orang lebih rentan terhadap penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, obesitas, dan lain-lain.
  3. Tidak Bernutrisi
    Selama proses penyulingan, tepung meninggalkan serat dan nutrisi lain seperti vitamin B6 dan E, magnesium, asam folat, seng, dan kromium. Kurangnya nutrisi membuat roti tawar menjadi tidak sehat.
  4. Sulit Dicerna
    Roti tawar juga mengandung gluten yang membuatnya sulit untuk dicerna. Selain itu, roti tawar tidak memiliki enzim alami yang dibutuhkan pankreas untuk mensekresikan memecah lemak, karbohidrat, dan protein. Hal ini dapat mengakibatkan pankreas Anda lebih rentan terserang penyakit.

Lalu, apa saja makanan yang baik untuk sarapan? Antara lain:

  1. Buah Pisang, karena mengandung karbohidrat yang cukup yang membuat perut dalam keadaan kenyang yang lebih lama. Disamping itu, buah ini mengandung potassium yang berperan menurunkan tekanan darah secara alami.
  2. Telur, karena kaya protein serta mengandung vitamin D.
  3. Buah semangka, karena memiliki kandungan air yang cukup melimpah sehingga mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Disamping itu, buah semangka mengandung likopen yang mampu menyehatkan organ mata dan jantung serta menangkal penyakit kanker.
  4. Secangkir kopi tanpa gula. Minum kopi dalam jumlah yang wajar ternyata dapat menurunkan resiko terkena penyakit diabetes serta kanker prostat karena kopi mengandung kafein serta antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal penyakit tersebut.
  5. Secangkir teh hangat, karena mengandung sumber antioksidan yang berperan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.
DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL