lensa kontakLiputanIslam.com – Lensa kontak merupakan salah satu item yang sangat digandrungi di jaman modern ini, khususnya kaum wanita yang selalu ingin tampil gaya dan modis. Alih-alih menggunakan kacamata, mereka lebih memilih menggunakan lensa kontak yang berwarna-warni karena memberikan kesan berbeda pada mata. Belakangan, lensa kontak banyak digunakan semata-mata untuk bergaya, bukan lagi karena kebutuhan. Mengingat lensa kontak ini langsung bersentuhan dengan mata, apakah tidak menimbulkan bahaya?

Seperti diketahui, mata adalah organ tubuh yang sangat sensitif. Jika tidak dijaga kebersihan lensa kontak yang digunakan, maka hal ini rentan menyebabkan infeksi. Karena itu, lensa harus dibersihkan dengan air steril, memastikan kebersihan tangan saat memegang lensa, dan setiap enam bulan sekali, lensa kontak harus diganti.

Meski demikian, ada beberapa efek samping yang harus diwaspadai jika Anda adalah mengguna lensa kontak, yaitu;

Iritasi dan pembakaran mata. Ketika Anda mencoba untuk mengatur lensa plastik atau silikon di dalam mata Anda, Anda merasakan sensasi terbakar. Mata memang sangat sensitif. Ketika debu masuk, maka mata menjadi merah. Hal itu juga menyebabkan timbulnya benjolan pada kelopak mata.

Mata kering. Penguapan air mata atau kelenjar air mata yang kering membuat mata gatal dan tampak kering. Inilah efek samping yang dirasakan saat Anda memakai lensa kontak untuk waktu yang lama. Anda mungkin merasa terjadi peradangan pada mata, setelah Anda mencopot lensa.

Berkumpulnya cairan intraocular dari lensa pada retina. Cairan ini dapat menyebabkan infeksi mata. Ini sering terjadi saat Anda memakai lensa kontak setiap hari.

Alergi. Salah satu efek samping dari lensa kontak adalah alergi mata. Beberapa orang alergi terhadap lensa kontak, tetapi mereka tidak menyadarinya. Setelah memasang lensa, mata akan menjadi merah. Hipersensitivitas ini dapat disebabkan oleh lensa kontak Anda. (ba/dari berbagai sumber)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL