Doyan ngemilLiputanIslam.com — Bekerja di depan komputer dengan ditemani secangkir kopi dan cemilan ringan? Atau bercanda ria bersama keluarga dengan mulut terus mengunyah? Ya, itulah yang sering dilakukan oleh kebanyakan kita. Berbagai kudapan ringan akan jadi pilihan, seperti kerupuk, roti, cokelat, dan lain sebagainya.

Tapi tahukah Anda, bahwa menu kudapan yang Anda pilih merupakan pertanda bahwa tubuh tengah kekurangan nutrisi tertentu. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir merdeka.com:

Makanan manis – kromium
Saat Anda mengonsumsi sesuatu terutama yang mengandung gula, maka terjadi lonjakan kadar gula dalam darah dan insulin akan dilepaskan. Lonjakan ini mampu menyebabkan ketidakseimbangan gula dalam darah. Sementara untuk menyeimbangkannya, maka Anda membutuhkan suntikan kromium.

Kromium sendiri juga membantu untuk meredam keinginan mengonsumsi makanan manis dan menjaga agar gula darah Anda tetap normal. Kromium bisa Anda dapatkan dari makanan yang mengandung protein dan nabati.

Cokelat – magnesium
Tidak ada yang menolak bahwa mengonsumsi cokelat mampu membuat saraf tubuh Anda menjadi lebih tenang. Itulah sebabnya jika Anda merasa stres, maka Anda pun akan langsung mengudap cokelat. Namun sebenarnya, saat Anda stres tubuh Anda membutuhkan magnesium.

Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah inflamasi atau peradangan, magnesium juga memainkan peranan pentung untuk menyeimbangkan sistem saraf serta mengurangi kecemasan. Nah, selain bisa didapatkan dari cokelat, kalsium sendiri juga bisa Anda peroleh dari sayuran berdaun gelap, gandum, serta kacang-kacangan.

Karbohidrat – tryptophan
Bagi Anda yang suka ngemil makanan dengan karbohidrat tinggi seperti roti, pasta, atau mie maka hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda kekurangan asam amino esensial yaitu tryptophan. “Kecanduan akan karbohidrat menandakan bahwa rendahnya kandungan tryptophan dalam tubuh. Asam amino ini sendiri diperlukan tubuh untuk produksi serotonin dan serotonin penting untuk meningkatkan suasana hati serta menurunkan kecemasan,” terang Shona Wilkinson, seorang nutrisionis dari NutriCentre, London.

Daging – zat besi
Saat tubuh Anda kekurangan zat besi, maka tidak heran Anda sangat menyukai hidangan berbahan daging merah. “Zat besi memainkan peranan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tanpanya, Anda akan merasa mudah lelah. Saya menyarankan bahwa setidaknya seminggu sekali Anda harus mengonsumsi daging merah. Selain baik untuk menambah zat besi, mengonsumsi daging merah secara teratur juga mencegah Anda untuk ngemil daging,” ujar Wilkinson.

Garam-sodium
Suka mengonsumsi makanan dengan kadar garam tinggi adalah tanda bahwa tubuh Anda kekurangan natrium. Kurangnya natrium bisa terjadi karena dehidrasi, sakit, atau banyak minum minuman beralkohol. “Sodium penting untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh dan mengatur tekanan darah. Daripada mengonsumsi makanan ringan dengan kadar garam tinggi, ganti camilan Anda dengan makan popcorn, seledri, atau wortel. Sebab camilan sehat tersebut tinggi akan sodium,” jelasnya.

Nah, cemilan mana yang merupakan kesukaan Anda? (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL