kecerdasan menurunLiputanIslam.com — Seorang teman pernah berkata, bahwa tidak menulis dalam beberapa waktu yang cukup lama membuat kecerdasannya menurun.  Benarkah kecerdasan seseorang bisa menurun? Ternyata, disadari atau tidak, ada beberapa kebiasaan yang menimbulkan efek negatif terhadap kecerdasan kita. Dan jika kebiasaan buruk ini dilakukan secara terus menerus, lambat laun akan membuat kita keliru dalam mengambil sebuah keputusan.

Berikut ini, enam kebiasaan yang membuat kecerdasan menurun, sebagaimana dikutip dari Liputan6.com;

1. Tidak menciptakan dan mengevaluasi

Seseorang tidak bisa menciptakan dan mengevaluasi disaat yang bersamaan. Pertama-tama, seseorang harus menemukan apa yang ingin diciptakannya dan membuat rencana untuk itu. Setelah apa yang ingin diciptakan telah diterapkan, maka evaluasi baru bisa dilakukan. Sekali lagi, jangan lakukan dua hal ini bersamaan. Apalagi, tidak melakukan keduanya.

2. Anda berpikir bahwa Anda adalah seorang ahli

Menganggap diri seorang ahli adalah salah satu kebiasaan yang dapat menurunkan kecerdasan. Terbukalah untuk informasi apapun yang tidak diketahui untuk belajar hal yang baru. Bukan hanya dapat mempelajari hal baru, bertindak seperti ini juga bisa membuat seseorang menghargai orang lain.

3. Ketakutan

Jika seseorang takut untuk gagal, maka mereka tidak akan mencoba hal yang baru. Jika bertindak seperti itu, seseorang tidak akan menjadi lebih baik. Maka yang perlu dilakukan adalah menghilangkan rasa takut dan coba semua hal yang baru.

4. Kurang percaya diri

Hal ini mirip dengan ketakutan. Jika seseorang tidak percaya diri, maka mereka tidak akan mempelajari hal baru dan berkembang. Percaya dirilah, bahkan ketika melakukan hal yang salah. Hal ini bisa membantu membangun kecerdasan. Sebaliknya, kurang percaya diri juga membuat kecerdasan menurun.

5. Membuat batasan irasional

Ketika seseorang membuat batasan yang tidak relevan untuk dirinya sendiri, maka sebenarnya saat itu mereka sedang menghalangi kecerdasan dan kemampuan untuk belajar. Hal ini bukan hanya menurunkan kecerdasan, tetapi juga menghentikan seseorang untuk belajar hal baru yang bisa membuatnya menjadi lebih baik.

6. Minum minuman keras

Meminum alkohol, selain menyebabkan mabuk, juga akan menghambat sel-sel otak untuk menerima informasi baru. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL