kacangJakarta, LiputanIslam.com–Konsumsi kacang-kacangan memang terbukti baik untuk tubuh. Penelitian terbaru menemukan rutin makan kacang mampu cegah penyakit jantung dan diabetes.

Mirror (31/7) melaporkan peneliti mengungkap manfaat kesehatan spesifik dari rutin mengonsumsi kacang. Rutin makan makanan tinggi lemak sehat ini terbukti berhubungan dengan penurunan tanda inflamasi tubuh.

Bersama timnya, Dr Ying Bao selaku epidemiolog di Brigham and Women’s Hospital di Boston, Amerika Serikat mengatakan konsumsi banyak kacang mampu kurangi risiko penyakit kronis dan kematian. Penelitian terbaru mereka melibatkan lebih dari 170.000 pria dan wanita.

“Populasi studi kami konsisten menunjukkan peran penting kacang dalam melawan gangguan kardiometabolik seperti penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2. Kami tahu inflamasi adalah proses kunci dalam perkembangan penyakit ini,” ujar Dr Bao.

Ia menambahkan, “Penelitan terbaru ini menemukan konsumsi kacang bisa memberi efek menguntungkan dalam hal mengurangi inflamasi sistemik.” Hasil penelitian ini diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition.

Mengenai metodologi penelitian, Dr Bao dan tim mengatakan, “Setelah menyesuaikan variabel umur, riwayat kesehatan, gaya hidup, dan variabel lain, kami menemukan partisipan yang makan lima porsi atau lebih kacang per minggu lebih sehat dibanding mereka yang hampir atau tidak pernah makan kacang.”

Kacang-kacangan diketahui kaya zat gizi penting termasuk magnesium, serat, L-arginine, antioksidan, dan asam lemak tak jenuh. Para peneliti belum menentukan komponen mana atau kombinasi komponen apa yang membuat kacang mampu memberi perlindungan terhadap peradangan.

Meski begitu, Dr Bao dan timnya tertarik mengeksplorasi temuan ini lebih lanjut. Lewat cara uji klinis yang akan mengatur dan memonitor diet. (ra/detik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL