5492710_870LiputanIslam.com-Sangat jarang kita menemukan orang yang belum pernah mengalami sakit gigi. Kadang sakitnya sangat tak tertahankan, sehingga obat pereda rasa sakit pun tak sanggup mengatasinya. Atau, karena beberapa sebab, kita tak bisa pergi ke dokter gigi.

Jika hal ini terjadi pada Anda, gunakan cara-cara sederhana di bawah ini untuk meredakan sakit gigi. Bahan-bahannya mudah didapat, bahkan mungkin Anda tak perlu keluar rumah untuk memperolehnya.

Sirup Obat Batuk

Biasanya sirup obat batuk mengandung sedikit bahan pembius. Bahan ini efektif untuk meredakan sakit gigi. Anda cukup meneteskan beberapa tetes sirup obat batuk ke gigi, dan rasakan khasiatnya.

Vicks, Pereda Efektif Sakit Gigi

Menggunakan balsem Vicks adalah cara yang mudah, namun efektif. Usapkan balsem ini di bagian wajah tempat gigi Anda yang sakit dan tutupi dengan handuk. Setelah itu, berbaringlah dengan sisi wajah yang tertutup handuk itu di bawah kepala. Rasa sakit akan reda lebih cepat dari yang Anda bayangkan.

Ketimun

Salah satu pereda alami untuk sakit gigi adalah ketimun. Taruh irisan ketimun di atas gigi untuk meredakan nyerinya.

Selain ketimun, bahan-bahan alami seperti bawang, bawang putih, rumput gandum, air garam, dan spinach[1] juga berfungsi untuk meredakan sakit gigi.

Kantung Teh Celup

Letakkan sebuah kantung the celup panas langsung di atas gigi Anda. Kandungan tannic acid dalam the berguna untuk mengurangi rasa sakit.

Minyak Cengkeh

Ini adalah salah satu obat herbal yang digemari untuk meredakan sakit gigi. Minyak ini memiliki khasiat antibakteri dan pembius.

Celupkan ujung cotton bud dalam larutan seperempat sendok teh minyak zaitun dan tiga tetes minyak cengkeh. Kemudian tempelkan di bagian gigi yang sakit.

Jahe

Iris tipis-tipis jahe dan letakkan di bagian gigi yang sakit. Rasa nyeri pada gigi Anda akan berkurang secara bertahap. Simpan sisa irisan jahe di kulkas untuk digunakan dalam kesempatan lain.

Jintan Hitam

Panaskan campuran setengah sendok teh cuka apel dan satu sendok minyak jintan hitam. Setelah dingin, berkumurlah dengan larutan ini. Larutan ini berfungsi mencegah radang dan infeksi.

Cara Tersederhana Meredakan Sakit Gigi

Cara terbaik untuk menghilangkan sakit gigi adalah dengan mengompresnya. Anda cukup menaruh kantung berisi es batu di bagian yang sakit.

Perlu diperhatikan bahwa setelah rasa sakit reda, segeralah pergi ke dokter gigi begitu kondisinya memungkinkan. Sebab ada kemungkinan gigi Anda terkena infeksi dan memerlukan perawatan lebih lanjut. (af/yjc)

[1] Tanaman sejenis bayam yang bisa dijumpai di supermarket. Juga dikenal dengan nama horenso/horinso.

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL