seledri

Daun Seledri

LiputanIslam.com — Bertahun-tahun lamanya ginjal kita dibebani dengan pekerjaan berat yaitu membuang garam, racun, zat lainnya yang tidak diperlukan oleh tubuh. Berkat ginjal, keseimbangan di dalam tubuh terjaga. Ginjal juga mampu mendaur air, mineral, glukosa dan juga gizi yang masuk ke dalam nefron lalu mengembalikannya ke peredaran darah. Seiring berjalannya waktu, terjadi akumulasi garam di dalam ginjal, dan tentunya, memerlukan perawatan pembersihan.

Mau tahu cara mudah dan murah membersihkan ginjal?

Pertama, ambilah seikat daun saledri kemudian cuci hingga bersih. Lalu potong hingga berukuran kecil, dan dalam panci. Rebus selama sepuluh menit dan didinginkan. Anda bisa mengkonsumsinya satu gelas setiap hari dan akan membantu Anda untuk mengurangi racun yang menumpuk, untuk dibuang melalui air seni.

Sebagaimana dilansir bidanku.com, studi terbaru menunjukkan bahwa seledri juga efektif dalam memerangi kanker karena mengandung setidaknya delapan keluarga senyawa anti kanker. Diantaranya adalah senyawa acetylenics yang telah terbukti menghentikan pertumbuhan sel tumor, asam fenolat yang menghalangi aksi prostaglandin yang mendorong pertumbuhan sel tumor, kumarin yang membantu mencegah radikal bebas dari sel-sel yang merusak. Selain itu kandungan mineral yang terdapat di dalam seledri juga mampu menyeimbangkan pH di dalam tubuh dan menetralkan keasaaman.

Daun seledri memiliki kandungan tinggi vitamin A, sementara batangnya merupakan sumber vitamin B1, B2, B6 dan C dengan pasokan kaya potasium, folat, kalsium, magnesium, besi, fosfor, natrium dan kandungan asam amino esensial yang tinggi. Nutrisi yang terkandung di dalam seledri akan bekerja secara optimal ketika Anda membuatnya menjadi jus. Natrium organik alami yaitu garam dalam seledri sangat aman untuk dikonsumsi dan sangat penting untuk kesehatan tubuh. Bahkan untuk Anda yang mengalami gangguan dengan kestabilan darah seperti hipertensi masih aman untuk mengkonsumsi natrium yang terkandung di dalam seledri.

Pada atlet biasanya mengkonsumsi seledri dengan cara membuatnya menjadi jus, dan diminum usai latihan karena dapat menggantikan elektrolit yang hilang. Kandungan kumarin fitokimia yang terdapat di dalam seledri mampu  mencegah pembentukan dan perkembangan kanker usus dan perut.

Bagi Anda yang bermasalah dengan suhu tubuh, Anda dapat mengkonsumsi segelas jus seledri dua atau tiga kali sehari, diantara waktu makan. Sementara itu, untuk Anda yang sedang menjalani program diet, jus seledri dapat membantu mengontrol nafsu makan Anda. Masih banyak manfaat seledri lainnya yang bisa Anda dapatkan jika mengkonsumsi secara teratur. Jadi, tunggu apa lagi? (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*