bauJakarta, LiputanIslam.com—Saat puasa, bau mulut tentu tidak terhindarkan.Tetapi kondisi ini masih bisa diatasi dengan berbagai cara. Salah satunya memastikan gigi dan lidah dibersihkan secara teratur.

Prof drg Heriandi Sutadi, SpKGA(K), PhD, mengatakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga agar ‘bau naga’ tak muncul dan menghilangkan kepercayaan diri seseorang.

Pertama, sikat gigi dan gosok lidah. Bau mulut yang dihasilkan makanan dan minuman sebenarnya hanya bersifat sementara, namun ini akan sulit hilang jika cara menggosok giginya juga tidak benar. Inilah yang sering menjadi catatan Prof Heriandi.

Menggosok gigi paling baik dilakukan di depan kaca agar bisa dipastikan semua permukaan gigi tersikat bersih.

“Gosok semua permukaan, atas, samping dan akar gigi. Gunakan pasta sedikit karena pasta hanya untuk penyegaran. Gosok dengan sikat yang lunak selama tiga menit, misalkan. Cara menyikatnya dengan maju-mundur, atas-bawah, dan diputar melingkar semua permukaannya,” urai Prof Heriandi.
Kedua, hindari makanan dan minuman yang menyebabkan bau mulut, seperti makanan yang baunya keras. Begitu juga dengan makanan yang bisa memicu naiknya asam lambung, sebab makanan semacam ini juga mampu mengakibatkan munculnya bau mulut.

“Untuk mengurangi asam lambungnya, bisa dengan memakan timun rebus, dengan begitu asam menjadi basa,” imbuhnya.

Cara ketiga adalah dengan meminum banyak air putih di saat makan atau menjelang tidur untuk mengurangi kotoran pada gigi. “Lagipula jika tidak ada aktivitas di dalam mulut dan air ludah tidak keluar maka bakteri akan berkembang dan menjadi asam, reaksi ini menjadikan bakteri berkembang dan memicu bau mulut,” terangnya.

Tetapi bila bau mulut tetap membandel meski segala cara telah dilakukan, mungkin saatnya Anda berkonsultasi kepada dokter untuk memastikan apa penyebab bau mulut Anda sesungguhnya. Sebab Prof Heriandi mengingatkan, bau mulut bisa jadi indikasi gangguan kesehatan tertentu seperti infeksi pada mulut ataupun paru-paru. (ra/detikcom)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL