buah diabetJakarta, LiputanIslam.com–Memiliki segudang manfaat positif, buah dianjurkan untuk dikonsumsi hampir oleh siapa saja. Namun faktanya, bagi diabetesi ada beberapa jenis buah tertentu yang lebih dianjurkan.

Seperti dikutip dari buku ‘Terapi Jus: Cara Nikmat Hidup Sehat’ yang ditulis oleh dr Nadjibah Yahya, Dipl. CIBTAC dan Rachma S. Sutrisno, MSi, diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh banyak faktor seperti kurang olahraga, merokok, stres, hingga kurang tidur. Nah, kebiasaan-kebiasaan ini bisa mengakibatkan naiknya kadar gula di dalam darah.

Dalam jangka panjang, pola hidup demikian dapat menyebabkan obesitas dan dampak selanjutnya adalah diabetes.

Menurut para penulis, buah-buahan yang mampu mengatasi diabetes antara lain bengkuang, nanas dan tomat. Ketiganya memiliki kadar vitamin B6 yang cukup tinggi. Nah, kandungan ini sendiri diketahui sangat baik bagi para diabetesi.

“Biasanya pada pasien diabetes kadar vitamin B6-nya sangat rendah. Vitamin ini diperlukan untuk menurunkan kerja pankreas,” imbuh penulis.

Bengkuang dapat mengendalikan kadar gula darah karena kaya akan serat. Sementara nanas juga baik untuk dikonsumsi karena dapat mempercepat metabolisme tubuh, sehingga kadar gula dalam darah dapat diturunkan.

“Demikian juga dengan tomat. Tomat juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga dapat membantu proses pencernaan. Selain itu, tomat juga mampu memperbaiki sel dan pankreas,” tutur penulis. (ra/detik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL