demamJakarta, LiputanIslam.com– Dalam keadaan demam dan menggigil, seringkali orang tidak mandi karena khawatir demamnya justru makin tinggi. Benarkah mandi saat deman bisa berakibat buruk?

“Saat demam boleh-boleh saja mandi. Tiap orang disarankan mandi, harus bersih kondisi tubuhnya. Mandi saat demam pun nggak ada kaitan dengan proses demamnya,” kata dr Hepi Novlina dari Puskesmas Babadan.

Memang, tak disarankan dalam kondisi demam, seseorang mandi dengan air dingin. Sebab, mandi dengan air dingin dalam kondisi demam justru bisa membuat tubuh menggigil. Sehingga, sebisa mungkin disarankan mandilah dengan air hangat.

Sebenarnya, lanjut dr Hepi penggunaan air saat mandi pada prinsipnya hanya menyamakan suhu tubuh dengan air yang dipakai. Sehingga, dalam kondisi tubuh yang sedang panas, maka usahakan memakai air hangat supaya suhunya sesuai.

“Kalau kita mandi pakai air yang dingin, nggak stabil suhu tubuhnya. Makanya jadi menggigil. Pokoknya tidak terjadi perubahan suhu ekstrem sehingga kita juga nggak perlu pakai air yang terlalu panas gitu untuk mandi,” lanjut dr Hepi.

Untuk itu, ia menekankan demam bukan alasan bagi seseorang untuk tidak mandi. Nah, bagaimana dengan menyeka tubuh saat demam? Menurut dr Hepi, menyeka tubuh saat demam tak masalah. Hanya saja, pada beberapa orang, meski sudah diseka tubuh bisa masih terasa lengket.

Jika pakaian basah karena tubuh berkeringat, maka sebaiknya segera ganti. dr Hepi mengatakan, pakaian yang basah karena keringat menjadi lembab. Nah, saat demam sudah turun, semestinya pakaian yang digunakan kering. Namun, jika yang digunakan pakaian basah, justru bisa memicu demam kembali. (ra/detik)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL