Jakarta, LiputanIslam.com—Berpuasa selama bulan Ramadan dapat menyebabkan kenaikan berat badan pada beberapa orang. Kenapa bisa seperti itu ya?

Ketika menjalani ibadah puasa, kita seringkali tidak mampu mengendalikan asupan makanan di malam hari, saat buka puasa dan setelahnya.

Biasanya, berat badan naik karena dorongan untuk makan di antara buka puasa dan sahur. Setelah buka puasa juga biasanya tidak melakukan aktivitas banyak, atau malah banyak yang langsung tidur setelah tarawih atau sholat subuh. Hal tersebut juga bisa menjadi penyebab berat badan naik saat puasa.

Tidak hanya itu, porsi makanan juga lebih besar dari biasanya pada saat sahur dan buka puasa.

Cara terbaik untuk menghindari kenaikan berat badan dengan cara sehat adalah untuk berbuka puasa dengan makanan ringan dan porsi yang seperti biasa. Jangan makan terlalu banyak saat buka puasa. Sebaiknya makan sup dan salad terlebih dahulu, karena makanan tersebut rendah kalori dan dapat membuat merasa kenyang.

Kunyah makanan Anda secara perlahan untuk menghindari gangguan pencernaan. Minum setidaknya delapan gelas air pada saat jam buka puasa dan sahur. Kurangi asupan jus buah yang memiliki banyak gula, buat sendiri di rumah dibanding beli yang sudah jadi.

Berolahraga juga merupakan faktor penting untuk membantu membakar lemak. Jalan kaki setiap hari setidaknya setengah jam sampai satu jam untuk membakar kalori ekstra. Jadi, jangan mentang-mentang sedang puasa, jadi tidak olahraga sama sekali ya! (ra/tempo)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*