Sayuran ditanam pada batang pisang

Sayuran ditanam pada batang pisang

LiputanIslam.com — Pisang adalah tanaman yang hanya bisa berbuah sekali. Setelah buahnya diambil, biasanya batang pisang akan dibiarkan begitu saja hingga membusuk. Tapi siapa sangka jika ternyata, batang pisang ini bisa digunakan sebagai media untuk bercocok tanam. Tidak percaya? Coba ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buat penyangga kayu untuk menahan batang pisang yang akan ditempatkan horizontal sehingga tidak menggelinding dan stabil.
  2. Selanjutnya buatlah lubang-lubang ke dalam batang pisang dan buat dengan bentuk mineral piala dengan ukuran besar kira lebar sekitar 15 cm dan 10 cm dengan menggunakan pisau. Jarak antara lubang antara 15-20 cm. Satu batang pisang dapat dibuat 2 jalur lubang.
  3. Setelah lubang tersebut siap, isi lubang tersebut dengan tanah dan kompos (sampah organik), tambahkan sedikit pasir dan kascing jika ada, ke dalam lubang batang pisang sebagai media tanam.
  4. Diamkan selama 2-3 hari sebelum ditanami benih sayuran. Setelah itu tanam sayuran ke dalam lubang tersebut sesuai dengan kehendak Anda.

Model pengolahan seperti ini sama dengan langkah-langkah berkebun dengan menggunakan media bambu atau pipa atau botol plastik. Satu batang pohon pisang dapat digunakan 2-3 kali panen sayuran, tergantung pada kondisi batang pisang dan jenis tanaman.

Dikutip dari blog Lumbung Nuswantara, 12 Maret 2014, disebutkan bahwa kulit pohon pisang dan batang bambu bisa menggantikan talang air, dan selain itu, batang pisang juga mengandung banyak pati sebagai sumber nutrisi tanaman dan berkembangnya mikroorganisme di dalamnya, sehingga batang pisang dapat menjadi media tanam yang pada akhirnya bisa menjadi kompos.

Pohon pisang juga memiliki senyawa penting seperti antrakuinon, saponin, dan flavonoid. Antrakuinon pada manusia bermanfaat untuk menyuburkan rambut. Peran senyawa dalam tanaman juga dapat mendorong pertumbuhan rambut akar yang berguna untuk membantu tanaman dalam menyerap nutrisi. Batang pisang itu sendiri diketahui mengandung hingga 80% air.

Untuk menananam sayuran dengan menggunakan batang pisang, tidak dibutuhkan area yang luas. Di halaman depan atau belakang rumah yang sempit pun memadai. Tertarik untuk mencoba bersama keluarga? (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*