Jakarta, LiputanIslam.com–Kalau mendengar meditasi, mungkin Anda berpikir ini menyangkut urusan keagamaan saja. Namun, ternyata meditasi sudah diterima ranah ilmu pengetahuan. Bukan saja memiliki manfaat terhadap jiwa, ia juga dapat memberikan efek baik pada kesehatan tubuh. Tertarikkah Anda untuk mencoba?

Meditasi adalah praktik di mana kita mencoba untuk melatih pikiran dan memicu alam sadar. Intinya, meditasi membawa tubuh dan jiwa ke dalam suasana relaksasi, membangun energi internal (prana),  mempertebal tenggang-rasa (compassion), rasa kasih, kesabaran, kemurahan hati, serta pemaaf.

Selain itu, meditasi juga mengantarkan manusia menemukan rasa sejahtera. Pikiran dan jiwa diatur dan dikendalikan, sehingga menjadi semakin jernih. Imbasnya terhadap badan, tekanan darah dinormalkan, depresi dikendurkan, dan rasa was-was ditekan, selain menurunkan rasa amarah serta kebencian.

Berbagai manfaat meditasi ini sangat cocok dengan kebutuhan rata-rata orang modern. Kehidupan yang semakin penuh tekanan, frustrasi, konflik, atau krisis. Beban-beban jiwa ini dihibahkan kepada badan dan akibatnya, yang sakit tidak hanya jiwa, melainkan juga badan (psychosomatic disorder).

Sebagian besar orang sekarang merasa tidak sehat lantaran stressor yang dipikulnya datang bertubi dan terus-menerus. Keluhan lambung, tidak bisa tidur, mudah tersinggung, berkeringat dingin, jantung berdebar, umumnya lebih karena ada yang mengganggu ketenangan jiwa. Untuk keluar dari masalah-masalah tersebut, meditasi bisa menjadi salah satu pemecahannya.

Situasi kondisi dunia sekarang yang begitu hiruk-pikuk, kehidupan yang demikian bergegas, orang menjadi kurang sabar, dan cara bersikap yang gampang berang, serta sangar, saatnya meditasi mengintervensi. Maka seyogianya meditasi harus menjadi bagian dari aktivitas keseharian kita. Keluhan gangguan kejiwaan yang kita idap sering tidak kita sadari, namun membuat kita tampak berubah.

Tidak sekadar menjernihkan jiwa, meditasi juga telah dibuktikan secara ilmiah melalui proses neurologic mampu meningkatkan performa, meninggikan konsentrasi sehingga dalam kinerja apa pun menjadi lebih fokus, lebih peka dalam berpersepsi, sehat dalam memori, serta mampu melakukan pengendalian diri dengan lebih mudah.

Meditasi yang tepat dan benar juga mampu menyembuhkan semua keluhan dan penyakit terkait dengan jiwa. Asma dan encok yang kambuh kalau sedang stress, misalnya.

Bermeditasi ikut membantu membugarkan badan, sehingga kulit terlihat lebih cerah berbinar tanpa perlu make-up, tidak pucat, dan semua organ tubuh juga akan berfungsi optimal.

Jadi, mari kita mencoba bremeditasi, obat mujarab bagi orang zaman modern yang sederhana namun efektif. (ra/ sahabatnestle.co.id)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*