Foto: yucanaza.blogspot.com

Foto: yucanaza.blogspot.com

LiputanIslam.com — Siapa sangka, jika melakukan aktivitas di ruang terbuka memiliki banyak manfaat. Di sela-sela rutinitas Anda yang memaksa untuk selalu berada di dalam ruangan, sesekali Anda harus mencoba untuk duduk-duduk di taman, atau sekedar jalan-jalan menghirup udara segar. Ini yang akan Anda rasakan saat berada di ruang terbuka:

Meningkatkan Suasana Hati

Melakukan aktivitas fisik atau olahraga di ruang terbuka bisa membuat suasana hati Anda lebih baik. Sebuah studi tahun 2012 yang dilaporkan The Telegraph menyatakan bahwa menghabiskan waktu di ruang terbuka membuat 50 persen orang lebih bahagia daripada mereka yang menghabiskan waktu di gym.

Penelitian sebelumnya bahkan menyatakan bahwa olahraga di ruang terbuka dapat mengatasi ketegangan, kebingungan, kemarahan dan depresi, jika dibandingkan dengan kegiatan dalam ruangan. Sebuah studi yang dilaporkan BBC tahun 2010 juga menunjukkan bahwa hanya lima menit saja latihan di ruang terbuka hijau dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik dan menimbulkan kepercayaan diri.

Meningkatkan Konsentrasi

Sebuah studi dari University of Illinois di Urbana-Champaign menemukan bahwa anak-anak dengan Attention Deficit Hiperactive Disorder (ADHD) mampu berkonsentrasi lebih baik setelah 20 menit berjalan kaki di taman.

“Kami tidak tahu taman yang seperti apa, yang pasti kehijauan dan hanya ada sedikit bangunan. Hal itu sepertinya bisa meningkatkan perhatian,” ujar Frances E Kuo, Direktur University’s Landscape and Human Health Laboratory.

Membuat rutin latihan

The Physical Activity Guidelines for Americans merekomendasikan kepada orang dewasa melakukan cardio selama dua jam dan 30 menit setiap minggu. Setelah itu ditambah dua sesi atau lebih untuk latihan beban.

Namun, pekerjaan terkadang membuat Anda tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Survei tahun 2011 menyatakan bahwa mereka yang melakukan latihan fisik atau olahraga di luar ruangan lebih bisa bersikap konsisten untuk rutin berolahraga dari pada mereka yang melakukannya di gym.

Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

Sebuah studi tahun 2008 menemukan bahwa berat badan anak-anak yang menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan, 27-41 persen berat badannya lebih stabil dari pada anak-anak yang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan jika berada di ruang terbuka hijau dengan udara segar dan sinar matahari, dibanding hanya di dalam ruangan yang berisi kursi maupun meja.

Meningkatkan Energi

Udara yang segar di ruangan terbuka bisa membuat kelesuan Anda hilang. Sebuah studi University of Rochester tahun 2009 yang dilaporkan The Telegraph, menemukan bahwa hanya 20 menit di luar ruangan  dapat membuat kita merasa seperti setelah meminum secangkir kopi.

“Seringkali ketika merasa tenaga telah terkuras habis, kita meminum secangkir kopi. Namun, latihan fisik atau olahraga di luar ruangan ini merupakan cara yang lebih baik untuk mendapatkan energi yakni ketika kita menyatu dengan alam,” ujar ahli psikologi, Richard M Ryan, Ph.D.

Memperoleh Vitamin D

Kekurangan vitamin D dapat memicu seseorang memiliki kelebihan berat badan. Untuk mendapatkan vitamin D secara gratis, berolahraga lah di ruangan terbuka. Olahraga  maupun melakukan aktivitas fisik di ruang terbuka dapat membantu tubuh Anda vitamin D yang didapat dari terpaan sinar matahari. (ph/Kompas)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL