muslim-couple-seated-outsideliputanislam.com–Orang yang berakhlak baik, bertutur kata lembut, berwajah nan ramah, selalu tersenyum, dan dalam kesulitan hidup selalu bersikap sabar, niscaya akan disegani dan dicintai sesamanya.Banyak orang yang ingin bersahabat dengannya. Orang berakhlak luhur tidak akan mengidap penyakit jiwa, tidak mudah berputus asa, dan selalu memperlihatkan dirinya hidup dalam kegembiraan dan kebahagiaan. Setiap orang yang bersahabat dengannya tidak akan pernah merasa bosan.

Imam Ja’far ash -Shadiq berkata, “Tidak ada kehidupan yang lebih baik selain berakhlak baik.”

Adapun yang berakhlak buruk akan senantiasa menampakkan muka yang masam, cepat marah, tidak sabaran dan rapuh terhadap berbagai kejadian dan cobaan seringan apapun. Sekali saja kejadian buruk menimpanya, ia akan langsung berteriak dan marah- marah tanpa sebab yang jelas. Ia memiliki sifat yang begitu buruk, lisan yang kotor dan selalu dirundung kegelisahan. Siapapun yang berteman dengannya akan cepat merasa bosan dan menghindar darinya. Dirinya akan mudah terkena penyakit jiwa, bertampang menyeramkan, serta tidak memiliki orang yang dicintai dan mencintainya. Rasulullah bersabda:

“Orang yang berakhlak buruk akan menyiksa dirinya sendiri.”

Berakhlak luhur merupakan suatu keharusan, terlebih bagi pasangan suami istri. Mengingat keduanya berada dalam satu atap dalam jalinan ikatan suci pernikahan.

Para wanita yang terhormat ! Apabila Anda ingin hidup berbahagia bersama suami dan anak- anak Anda, tidak ada jalan lain kecuali terus berusaha memperbaiki akhlak Anda. Milikilah perilaku yang luhur, kembangkanlah senyuman di wajah Anda, jauhkanlah segala hal yang dapat merusak rumah tangga Anda, janganlah bicara sepatah katapun tentang hal yang tidak senonoh. Kalau semua itu benar- benar diperhatikan, sesungguhnya Anda telah menjadika rumah tangga Anda sebagai taman yang dipenuhi kedamaian dan kasih sayang. Sungguh kalau Anda selalu berakhlak buruk, Anda telah zalim dan telah menjadikan rumah Anda sebagai jahanam yang berkobar- kobar.

Akibatnya, suami dan anak -anak Anda akan hidup dalam siksaan yang begitu menyengat. Sebenarnya kalau Anda berperilaku luhur, Anda bisa membawa rahmat dalam lingkungan rumah tangga. Karenanya, mengapa Anda menjadikan rumah tangga Anda tak ubahnya bagai penjara yang gelap dan suram? Mengapa Anda berkepala batu dan gemar melontarkan kata kata yang  tidak senonoh? Tidakkah Anda mengerti bahwa akhlak luhur Anda yang disaksikan oleh anak- anak Anda setiap hari memiliki pengaruh yang luar biasa bagi mereka?

Karenanya, jika Anda memang benar benar mencintai suami dan anak – anak Anda, janganlah berakhlak buruk. Ketahuilah, akhlak yang luhur merupakan sebaik – baiknya fondasi  bagi kelanggengan ikatan suci perkawinan.

Sesungguhnya kebanyakan masalah yang terjadi di tengah tenga keluarga hanya dapat diselesaikan dengan kecerdasan dan akhlak yang luhur. Apabila suami Anda berakhlak buruk, gemar menghamburkan hartanya berlebih – lebihan dan selalu seenaknyamengatakan cerai kepada Anda, dapat segera berubah mengasihi Anda kalau saja Anda berlaku dan berakhlak serte berkhidmat kepadanya. Semua ini jelas sesuai dengan ajaran Rasulullah Saw.

Imam Ja’far bin Muhammad berkata: Sesungguhnya Allah Swt memberikan kepada hamba-Nya pahala atas akhlak yang baik. Sebagaimana Allah menganugerahkan pahala kepada seseorang yang  berjuang di jalanNya.”  Dalam kesempatan lain, beliau berkata, “Sungguh celakalah, celakalah wanita yang menyakiti hati suaminya dan membuatnya susah. Dan sungguh berbahagialah, berbahagialah wanita yang menghormati, tidak menyakiti, dan menaati setiap perintah suaminya.”

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL