sayurJakarta, LiputanIslam.com–Bukan rahasia lagi jika anak-anak tidak suka sayuran, apalagi rasanya. Tapi dengan cara yang tepat dan menyenangkan, anak-anak bisa diperkenalkan dengan sayuran.

Ruby Roth, penulis buku ‘The Help Yourself Cookbook For Kids’ membeberkan beberapa tips mudah untuk mengajak anak doyan makan sayuran yang dilansir dalam Pop Sugar (02/06).

1. Memasak
Memberikan tanggung jawab pada anak bisa membuat mereka belajar lebih mandiri. Dengan memperkenalkan dapur di usia muda, mereka akan lebih akrab dengan bahan-bahan makanan dan belajar membuat makanan sendiri.

Sebaiknya masak bersama agar si kecil bisa dengan mudah diawasi. Jika si kecil tak suka sayuran, Anda bisa memperkenalkan buah-buahan terlebih dahulu. Bisa mulai membuat smoothies ataupun sandwich yang dicampur dengan buah dan sayuran. Selain itu, cara membuatnya juga mudah.

2. Gunakan bahasa sederhana
Jika Anda ingin menyajikan sup brokoli, Anda bisa mengganti nama menjadi sesuatu yang menarik. Anda bisa memberi nama sup hijau misalnya. Saat membuat sup, sebaiknya jangan dipotong dengan ukuran besar. Anda bisa membentuk sayuran wortel menjadi bentu bunga atau memotong brokoli menjadi lebih kecil. Jangan lupa tambahkan dengan potongan ayam agar rasa kuahnya semakin gurih.

3. Sajikan makanan sehat untuk keluarga
Tidak hanya anak, Anda juga perlu berfokus pada kesehatan keluarga. Jika mac and cheese jadi menu favorit keluarga, Anda bisa mengolah sajian ini dengan campuran yang lebih sehat. Selain macaroni dan keju, Anda bisa tambahkan potongan brokoli, wortel atau sayuran lainnya untuk menambah serat. (ra/detik.com)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL