TBCLiputanIslam.com — Penyakit TBC merupakan salah satu penyakit menular yang banyak terjadi di Indonesia. Menurut data WHO tahun 2013, kasus TBC di Indonesia mencapai 327.103 sehingga perlu mendapatkan perhatian yang serius.

Penyebab penyakit TBC adalah bakteri TB (Mycobacterium Tuberculosis) dan penularan biasanya terjadi tanpa disadari. Waktu penularan TBC bisa berlangsung cepat maupun lambat, tergantung pada daya tahan tubuh seseorang. Sayangnya, bila di rumah Anda terdapat penderita TBC, maka penularan TBC bisa makin cepat.

Penyakit infeksi kronis yang ditandai dengan batuk rejan yang tidak kunjung sembuh ini sebetulnya bisa dihindari. Dr. Luciana Rotty, SpPD dari Siloam Hospitals Manado, mengungkapkan bahwa kebanyakan masyarakat Indonesia masih menghiraukan sumber dan penularan penyakit ini, padahal penyakit ini bisa dicegah penularannya.

Bila terdapat anggota keluarga yang mengalami batuk yang tidak kunjung sembuh selama dua minggu atau lebih dan diduga terkena TBC, segera pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan. Hal ini merupakan salah satu cara untuk mencegah penularan. Cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan TBC dari anggota keluarga adalah:

1. Memberikan masker pada penderita TBC, dan edukasi ia untuk selalu menutup mulutnya saat batuk, bersin, bahkan tertawa.
2. Saat batuk, sebaiknya penderita TBC memalingkan muka dan lebih baik lagi untuk menjauh dari anggota keluarga lain.
3. Selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih setelah selesai berkomunikasi dengan penderita TBC untuk menghindari bakteri  menempel pada bagian tubuh Anda.
4. Pastikan rumah Anda memiliki sirkulasi yang baik. Sering-seringlah membuka jendela agar udara di dalam rumah bisa berganti.
5. Selama pengobatan, hindari tidur satu kamar dengan penderita TBC, setidaknya selama beberapa minggu setelah menjalani pengobatan.
6. Hindari menggunakan alat makan yang sama dengan penderita TBC.
7. Berikan vaksinasi BCG pada anak untuk menghindari TBC.
8. Mulailah melakukan gaya hidup seimbang dengan mengonsumsi makanan bergizi dan rutin berolahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh. (beritasatu)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL