kolam renangLiputanIslam.com— Masih sangat jarang orang yang memiliki kolam renang pribadi. Karena itu, kolam renang umum menjadi salah satu pilihan tepat jika ingin berenang. Namun sebaiknya hati-hati jika Anda gemar menggunakan kolam renang umum.

Peneliti mengungkap bahwa tak hanya air seni saja yang bisa terkandung dalam air kolam renang umum. Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Encironmental Science & Technology Letters menemukan bahwa air kolam renang juga mengandung DEET (bahan aktif yang ada dalam semprotan serangga), kafein, dan TCEP (zat yang digunakan dalam bahan tahan api), seperti dilansir oleh Women’s Health Mag.

Meski peneliti tak mengetahui bagaimana bahan-bahan tersebut ada di air kolam renang, namun kemungkinan DEET berasal dari semprotan anti nyamuk atau serangga yang terbasuh dari kulit perenang.

Sementara itu, kafein kemungkinan berasal dari keringat dan air seni orang yang berenang di sana. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa dalam air kolam renang juga mengandung lotion dan tabir surya.

Lantas, apa ini berarti Anda tak boleh menggunakan kolam renang umum? Peneliti menjelaskan bahwa kadar zat tersebut pada tiap kolam renang umum berbeda-beda dan tak sampai kadar yang berbahaya. Untuk itu, orang yang berenang di kolam renang umum sebaiknya membersihkan tubuh mereka sebelum berenang agar zat-zat dari produk yang mereka pakai tidak mencemari air kolam. Selain itu, jangan sampai air kolam renang terminum. (ba/ merdeka.com)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*