Jakarta, LiputanIslam.com—Mumpung masih awa bulan, ada baiknya kita menghitung alokasi pengeluaran dari gaji yang sudah diterima. Financial Trainer and Founder QM Financial, Ligwina Hananto menyarankan biasakan mencatat pemasukan dan kebutuhan setiap bulan. Tujuannya, mengetahui ke mana saja uang mengalir dan bisa mengidentifikasi kebutuhan kurang penting.

Ligwina Hananto menjelaskan apa saja yang perlu dilakukan untuk memastikan kondisi keuangan sehat. Pertama, biasakan catat pengeluaran. Kedua, perhatikan alokasi uang. Rinciannya, 10 persen dari penghasilan bulanan untuk menabung, 30 persen untuk cicilan, dan 20 persen untuk keperluan pribadi.

Ketiga, menentukan investasi atau tabungan untuk masa depan. Jika kamu tertarik berinvestasi, Ligwina mengatakan ada tiga hal yang perlu diperhatikan. “Pertama, tetapkan tujuan keuangan Anda. Kedua, atur penghasilan dengan cermat. Terakhir, pastikan kondisi keuangan sehat dari bulan ke bulan,” kata Ligwina Hananto di acara ‘Tomorrow Today Fun(d) Festival 2018’ di Jakarta.

Bentuk tabungan atau investasi di masa depan, menurut dia, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Yang paling mudah, menurut Ligwina adalah dengan menabung emas. Bisa juga dengan reksadana yang mudah dibeli dan dicairkan, serta jangka waktu yang dapat dipilih sesuai tujuan. Satu lagi yang terpenting adalah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Ligwina Hananto juga menyarankan agar membuat rekening terpisah antara pengeluaran bulanan dan rekening menabung untuk tujuan tertentu seperti dana darurat, pendidikan, dan lain-lain. (ra/tempo)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*