Group of different fruit and vegetablesLiputanIslam.com—Jika Anda pertama kali menginjakkan kaki di Bandung, maka hal mungkin membuat kaget adalah kebiasaan masyarakat setempat mengonsumsi sayur-sayuran dalam kondisi mentah. Mereka terbiasa memakan buncis, kacang panjang, terong, dan aneka sayuran lainnya tanpa dimasak sama sekali.

Terbiasa memakan sayuran yang sudah dimasak hingga matang, tentunya akan membuat lidah kita ‘memberontak’ ketika dipaksa memakan yang serba mentah. Tetapi siapa sangka, jika makanan mentah ini justru baik untuk kesehatan.

Saat ini di Indonesia tengah populer raw diet, yaitu merupakan pola makan dengan mengonsumsi sayuran, buah, rerumputan, tanaman liar yang bisa dimakan, kacang, biji-bijian dan umbi, serta bahan-bahan lainnya yang dimakan mentah-mentah atau tidak dimasak melebihi sekitar 42-45 derajat Celcius.

“Makanan dari sumber yang mentah seperti sayuran, buah, kacang dan biji-bijian dengan banyak kandungan vitamin dan enzim, antioksidan, oksigen, air, ketika kita konsumsi dalam bentuk mentah akan memberikan manfaat membersihkan tubuh dan merawat tubuh kita juga memenuhi kecukupan nutrisinya,” papar salah seorang praktisi raw diet di Indonesia, Deasi Srihandi, seperti dilansir Detik.

Meski awalnya terasa berat, namun menurut Deasi, lambat laun lidah kita akan terbiasa memakan makanan mentah.

“Mudahnya, siapa sih yang tidak suka dengan air kelapa muda, jus stroberi dan jus jeruk? Semua ini adalah sebagian kecil dari makanan raw food,” tutur wanita yang sudah menjalani raw diet selama 7 tahun terakhir ini.

Dibandingkan dengan makanan yang diolah atau dimasak sepenuhnya, makanan raw mengandung lebih banyak enzim. Sementara itu, makanan yang dipanaskan tidak memiliki enzim karena adanya proses pemanasan.

“Tetapi memang ada sebagian kecil vitamin yang hanya sedikit tersedia dalam raw food misalnya vitamin A dan vitamin B12. Tetapi seperti halnya makanan yang diproses, tetap ada cara bijak untuk mengakalinya. Misalnya dengan mengonsumsi suplemen untuk asupan gizi tersebut. Mudah kan?” lanjut Deasi.

Jika memang dirasakan cukup sulit membiasakan lidah untuk mengonsumsi makanan alami untuk raw diet, Deasi menyarankan Anda untuk mengolahnya dalam bentuk jus. Cara ini merupakan pilihan makanan raw yang paling mudah untuk mulai mengonsumsi raw diet. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*