buang-sampahLiputanIslam.com — Ayah dan Bunda, sudah tahu sanksi buang sampah sembarangan di Kota Bandung yang mulai berlaku pada hari ini, 1 Desember 2014? Selaku Walikota Bandung, Ridwan Kamil telah bertekad untuk serius menegakkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 11 Tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Ketertiban, Kebersihan, dan Keindahan (K3) di Kota Bandung.

Ridwan menegaskan, denda ini diberlakukan bagi siapa saja, baik wisatawan maupun warga Kota Bandung, yang membuang sampah sembarangan. Besarnya denda mulai dari Rp 250.000 sampai Rp 50 Juta. Membuang sampah, seperti puntung rokok dan plastik, akan dikenai denda mulai Rp 1 juta dan maksimal sampai Rp 5 juta. Wow, dendanya besar banget ya?

Nah, buat Ayah dan Bunda, yuk ajak putra-putri kita untuk tidak buang sampah sembarangan. Selain itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat buang sampah, agar tidak menimbulkan masalah dengan lingkungan dan sosial kemasyarakatan sekitar. Berikut ini adalah beberapa tips cara buang sampah yang baik dan benar, seperti dilansir organisasi.org;

1.Memisahkan antara sampah yang bisa didaur ulang dan yang tidak bisa didaur ulang

2. Memisahkan antara sampah organik (basah) dengan sampah non organik (kering)

3. Membuang sampah pada tempatnya baik milik publik/umum maupun pribadi

4. Memberikan sampah yang masih bernilai secara cuma-cuma (gratis) pada tukang beling/tukang loak barang bekas.

5. Sampah basah/sampah organik bisa dijadikan pupuk, olah sendiri atau serahkan kepada ahlinya. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL