Teh bunga krisan

Teh bunga krisan

LiputanIslam.com — Negeri Tiongkok terkenal dengan ilmu pengobatan yang mujarab. Berbagai resep kesehatan ala Tiongkok cukup digandrungi di berbagai belahan dunia, sebut saja, akupunktur. Tiongkok juga terkenal dengan berbagai metode pencegahan atau penyembuhan penyakit, dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti akar, daun, atau bunga-bunga tertentu.

Jika Anda penyuka film-film Asia, maka adegan para tokoh yang minum teh yang dipenuhi bunga-bunga bukanlah hal yang asing. Ya, Tiongkok-lah yang pertama kali menyadari adanya manfaat kesehatan dari teh bunga krisan (chrysanthemum), dan masyarakat setempat sering menyuguhkan teh bunga krisan saat menjamu tamu.

Di Indonesia, bunga krisan biasa disebut bunga seruni, berwarna-warni, berukuran cukup besar namun cukup langka. Hanya saja, bunga krisan yang digunakan untuk teh adalah yang berukuran kecil, berwarna putih dan kuning.

Apa saja kandungan gizi dan manfaat teh krisan? Berikut ulasannya, seperti dilansir Amazine.co:

  • Teh krisan memiliki kandungan tinggi β-karoten yang umum terdapat dalam herbal dan buah-buahan berwarna kuning dan oranye. Sebentuk dari vitamin A ini selain mampu meringankan penyakit kulit juga penting menjaga kesehatan mata serta mencegah kebutaan.
  • Teh krisan kaya dengan berbagai vitamin B seperti kolin yang membantu metabolisme lemak, folacin yang berfungsi mendorong perkembangan dan replikasi sel, niacin yang sangat diperlukan oleh sistem saraf dan saluran pencernaan, serta riboflavin yang mencegah pertumbuhan struktural abnormal.
  • Minuman herbal ini mengandung vitamin C yang tidak hanya mencegah penyakit kulit, tetapi juga bertindak sebagai perisai terhadap penyakit mata dan flu biasa.
  • Teh krisan juga penuh dengan berbagai mineral seperti kalsium (untuk tulang dan gigi), besi (untuk transportasi oksigen oleh darah), magnesium (untuk kinerja hampir 300 operasi tubuh yang berbeda) dan kalium (untuk fungsi kardiovaskular yang sehat dan regulasi tekanan darah).
  • Teh ini juga mengandung glikosida, adenin dan berbagai varian asam amino.

Manfaat Kesehatan Teh Krisan

    • Kandungan vitamin C dalam teh krisan dikenal efektif meredakan pilek dan mengurangi nyeri sinusitis. Selain itu, krisan juga merupakan antivirus kuat sehingga membantu penyembuhan flu.
    • Teh krisan diketahui ampuh melawan dermatomikosis, pseudomonas aeruginosa, shigella dysenteriae, staphylococcus aureus, dan streptococcus haemolyticus B.
    •  Teh krisan secara alami tidak mengandung kafein sehingga aman dari berbagai efek samping yang dipicu kafein seperti cemas, mudah marah, dan gugup.
    •  Minuman ini merupakan pendingin alami sehingga dapat menurunkan suhu tubuh dalam kondisi demam serta serangan cuaca panas.
    •  Teh krisan terbukti bermanfaat menyembuhkan jerawat, sakit kepala, dan sakit gigi ringan.
    •  Minuman herbal ini digunakan sebagai pengobatan pendukung untuk aterosklerosis atau penyumbatan arteri jantung dan varises.
    •  Teh krisan bisa digunakan sebagai detoksifikasi hati dan menurunkan kadar kolesterol.
    •  Teh krisan dikenal karena sifat stimulannya sehingga baik digunakan untuk merangsang otak dan panca indera agar tetap waspada.
    •  Teh krisan memiliki fungsi membentengi paru-paru dan membantu masalah pernapasan seperti sesak napas.

Dimana kita bisa mendapatkan bunga krisan?

Sejauh ini, teh bunga krisan belum terlalu populer di Indonesia, sehingga mungkin tidak bisa ditemukan di toko-toko atau pasar. Namun Anda tidak perlu khawatir, bunga krisan ini dijual dalam bentuk kemasan ekslusif di situs-situs jual beli online.  (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL