ortuJakarta, LiputanIslam.com – Ketika Anda sedang berbicara, apakah anak Anda tidak mau mendengarkan dan bahkan aktif sendiri?

Jangan khawatir, seorang psikoterapis, Liza Finlay berbagi tip sederhana dan efektif untuk membuat anak mau mendengarkan.

  1. Berhenti bicara

Sebaiknya Anda bicara secukupnya, jangan banyak mengulang kata-kata. Sebab, anak hanya menyerap arahan yang diberikan sekitar 25 persen setiap harinya. Agar mereka ingat, berikan arahan yang jelas, dan gunakan sedikit saja pengulangan.

  1. Biarkan mendapatkan konsekuensi alamiah

Masih berhubungan seperti kurangi bicara dan juga kurangi tindakan. Biarkan anak-anak merasakan akibatnya sendiri jika tidak mendengarkan apa yang Anda katakan.

Misalnya ketika mereka tidak mau mendengarkan permintaan Anda untuk mengeluarkan kotak bekalnya dari tas, biarkan anak merasakan bahwa tidak mengeluarkan kotak bekal akan menyebabkan tas sekolahnya bau.

  1. Mendengarkan dengan aktif

Anak-anak belajar paling banyak dari mengamati. Setelah mengamati, barulah mereka mau mendengarkan. Sebab, mendengarkan secara aktif ini tidak hanya melibatkan telinga, tetapi juga menggunakan banyak bagian tubuh.

Ajari mereka untuk mengamati sehingga mau mendengarkan.

  1. Cinta

Jika anak Anda tidak mau mendengarkan pesan yang Anda sampaikan, cara lainnya adalah dengan memberikan mereka cinta.

Misalnya berbicara dengan lembut sambil memeluk mereka, kemungkinan besar mereka akan mendengarkan.

  1. Bisikan

Ketika anak berteriak terus menerus, sebaiknya Anda turunkan nada bicara dan bisikkan kata-kata Anda pada mereka. Anda akan mendapatkan hasil yang mengejutkan. (ra/kompas)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL