MAkanan manisLiputanIslam.com — Ini bukanlah kabar baik bagi para penggemar makanan dan minuman yang manis-manis. Memang, saat ketika tubuh sedang lelah, muncul dalam pikiran untuk memakan atau minum minuman yang mengandung gula agar dapat mengembalikan stamina. Namun sayang, itu bukanlah solusi.

Ada masa-masa saat kondisi fisik dan mood mengalami masa-masa kritis atau drop. Untuk itu, diperlukan makanan yang tepat untuk dapat meningkatkan stamina dan menstabilkan kondisi tubuh. Apakah makanan dan minuman manis mempu menjaga tubuh agar tetap fit? Ternyata tidak.

Berikut 4 alasan kenapa makan atau minum minuman manis disarankan untuk tidak terlalu banyak dikonsumsi, seperti dilansir merdeka.com;

Pertama, di dalam gula darah manusia, terdapat nilai titik minimal atau maksimal untuk memastikan fungsi segala hal yang berkaitan dengan hal tersebut dapat bekerja dengan baik. Ketika seseorang mengonsumsi makanan atau minuman yang manis, maka secara otomatis gula darah akan naik di atas maksimal. Dalam kondisi ini, organ dalam tubuh yang bekerja untuk menurunkan tingkat gula darah tersebut akan bekerja ekstra.

Kedua, selain membuat gula darah tidak stabil dan cenderung naik ke batas maksimal, memakan makanan atau minum minuman manis juga akan dapat menghalangi penurunan berat badan karena akan muncul timbunan lemak dan membuat tubuh menjadi gemuk tidak sehat.

Ketiga, makanan atau minuman yang manis mengandung zat adiktif yang akan menjadikan pengonsumsinya membutuhkan hal tersebut secara terus menerus.

Keempat, dalam hal ini, perlu dibedakan antara manis alami dari buah contohnya atau juga pemanis buatan untuk makanan dan minuman. Rata-rata makanan dan minuman manis buatan akan membuat tubuh kekurangan vitamin, mineral, antioksidan, serat dan juga air. Padahal hal-hal tersebut justru sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap bugar. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL