babySemua orang tua tentu mendambakan bayinya tumbuh menjadi anak yang cerdas. Ada empat langkah yang disarankan ahli parenting, untuk mencapai dambaan tersebut:

1. Ajak Bayi Bicara Dengan Cerdas
Ajak bayi Anda bicara sesering mungkin. Menurut Dr.Jean Ashton –pengajar dan pemerhati pendidikan anak usia dini dari Universitas Sydey, Australia, mengajak bayi bicara bukan hanya terbatas pada memuji, mengeluarkan kata-kata lucu atau memanggil-manggil namanya.

“Ajak bayi Anda bicara dan belajar juga  menjadi pendengar yang baik untuknya. Bayi mungkin belum bisa menjawab dengan kata-kata, namun mereka pandai merespon melalui ekspresinya. Respon ini yang perlu diperhatikan dan dihargai sebagai bentuk awal bayi belajar berkomunikasi dengan lingkungannya.”

Anda juga dapat mengajak bayi berbicara cerdas dengan memanggil namanya, menanyakan sesuatu, menjelaskan hal sesuai logika serta menggunakan kalimat lengkap.

2. Bermainlah Bersama Bayi
Bermain dapat mempercepat proses belajar anak, mengembangkan potensi sosialnya, mengenali kemampuan atau bakat, minat, hingga kebutuhan emosionalnya. Melalui bermain, anak pun belajar, misalnya matematika, dengan caranya sendiri.

Contohnya, mendengarkan lagu sambil bertepuk tangan sesuai irama. Bertepuk tangan mengikuti irama akan membantu anak mengenali pola berulang dalam musik, yang oleh banyak pakar diyakini sebagai bahasa matematika. Atau, saat makan kue, kenalkan perbandingan : ini kue besar, ini kue kecil. Adik mau yang mana? Atau, tangkap bola besar, tangkap bola kecil! 

3. Bacakan cerita
Tidak ada kata terlalu dini untuk mulai membacakan cerita untuk anak. Seperti yang dikatakan Dr.Rosmarie Truglio, seorang ahli pendidikan, “Membaca dapat menumbuhkan kecintaan anak pada buku, meningkatkan kemampuan kosakata serta membantu mengembangkan keterampilan berbahasa.”

Pilih buku-buku sederhana dengan gambar dan warna yang menarik agar anak dapat turut melihat dan memainkannya.

4. Bernyanyilah!
Pilih lagu yang memiliki syair berima, memiliki nada-nada atau bunyi-bunyi unik serta membuat Anda bergerak. Cicak-cicak di dinding, hap! Mudah, bukan? “Ini cara yang sangat menyenangkan untuk mengajak bayi mempelajari beragam bunyi dan menamabah perbendaharaan kata. Anak juga akan terdorong untuk ikut bergerak dan bergembira. Selain itu, nyanyian juga bisa mengenalkan matematika. Caranya, ajak anak bernyanyi yang mengandung angka :satu-dua-tiga, ayo berlari. Satu kue, dua kue, tiga kue, ayo dimakan!

(sumber: parenting.co.id)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL