anak-jago-matematika-ilustrasi-_130423145125-246LiputanIslam.com — Matematika mungkin adalah pelajaran yang sulit dan membosankan bagi sebagian anak. Padahal, belajar Matematika dapat dilakukan melalui kegiatan  menyenangkan. Oleh sebab itu, biasakan anak berlatih Matematika sejak kecil.

Nah, di bawah ini ada beberapa cara yang dapat dicoba untuk melatih anakbelajar Matematika, sambil mempersiapkannya masuk sekolah:

1.  Membuat Bentuk. Ajak anak menggunting karton membentuk persegi, persegi panjang, segi empat, dan segitiga, lalu satukan menjadi bentuk baru yang lebih besar. Anak juga bisa membuat bentuk dari balok agar tercipta kesan tiga dimensi. Biarkan anak memberi nama bagi bentuk baru yang telah ia buat sendiri.

Manfaat: Meningkatkan kemampuan pemahaman ruang dan kreativitas.

2.    Mengenal Ukuran. Anda tidak perlu menggunakan penggaris atau pita pengukur – seutas tali saja sudah bisa mengukur rumah boneka anak Anda. Bantu anak menggunakan tali yang sama untuk membandingkan ketinggian rumah-rumahannya dengan bonekanya yang terbesar.

Manfaat: Melatih kemampuan membandingkan dan pemahaman ruang.

3.    Membereskan Mainan. Saat Anda sedang membereskan mainan tea-party-nya, katakan pada anakbahwa Anda akan membersihkan semua makanan-makanan mainan, sementara ia merapikan piring-piring plastik dan perabotan mainan lainnya. Kemudian, selanjutnya biarkan anak yang menentukan apa yang akan Anda dan anak rapikan.

Manfaat: Melatih perencanaan dan mencocokkan barang sesuai jenisnya.

4.    Membuat Pola. Anak-anak suka bermain susun-menyusun, misalnya kartu, mobil-mobilan, atau bantal. Tanya anak mengapa ia menaruh bantal merah setelah bantal hijau. Tanyakan apakah anak mengelompokkan bantal-bantal itu atau sengaja menyusunnya bergantian. Beritahukan cara lain untuk menyusun bantal-bantal tadi, misalnya sesuai bentuk (jika bentuk bantal berbeda-beda).

Manfaat: Belajar mengurutkan dan melatih kreativitas.

 

Disalin dari artikel http://www.parenting.co.id/ (ba/LiputanIslam.com)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL