bertamuLiputanIslam.com — Bertamu dapat mempererat tali silaturahmi, namun dalam bertamu pun ada rambu-rambu yang sepatutnya diperhatikan. Adab yang perlu diperhatikan dalam bertamu adalah :

  1. Pahami waktu bertamu. Kapan boleh tidaknya kita bertamu seharusnya diselaraskan dengan kapan tuan rumah ada dirumah. Sebaiknya waktu bertamu tidak terlalu pagi atau terlalu malam. Saat yang tepat adalah menjelang sore hari atau sebelum siang.
  2. Membuat janji. Agar dapat bertemu dengan tuan rumah, sebelumnya lebih baik kita membuat janji untuk bertemu dulu melalui telepon atau SMS.
  3. Ucapkan salam. Sebelum masuk kerumah orang, ketuk pintu atau pencet bel sambil mengucapkan salam. Ulangi hingga tiga kali jika belum dibuka pintunya. Kalau lebih dari tiga kali salam tidak ada jawaban, kita harus meninggalkan rumah tersebut.(seperti yang di contohkan Rasulullah).
  4. Bersikaplah ramah kepada tuan rumah.
  5. Sampaikan tujuan bertamu. Dalam menyampaikan tujuan hendaknya jelas,tegas dan singkat. Jangan sampai muncul salah paham atau salah pengertian pada tuan rumah.
  6. Tahu diri. Tamu hendaknya tahu diri seberapa lama waktu yang layak untuk bertamu. Harus dipahami juga isyarat yang diberikan tuan rumah seperti tuan rumah yang berulang kali melihat jam dinding, itu pertanda bahwa waktu bertamu yang sudah lama.
  7. Ucapkan terima kasih. Tamu perlu mengucapkan terima kasih kepada tuan rumah atas penerimaannya yang baik dan menyenangkan.
  8. Berpamitan. Pada saat akan pulang, jangan lupa untuk berpamitan dengan tuan rumah. Mengucapkan salam atau berjabatan tangan lebih baik.

(ba/caradantips.com)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL