insomnia_2 (1)LiputanIslam.com – Setelah beraktivitas seharian dan merasa lelah, tentunya kita butuh istirahat dan tidur bukan? Manusia setidaknya menghabiskan sepertiga dari waktu pada masa hidupnya untuk tidur dan minimal manusia tidur 6 – 8 jam/hari. Namun apa yang terjadi, jika Anda menderita insomnia?

Insomnia atau yang sering disebut dengan susah tidur merupakan suatu gejala kelainan pada saat waktu tidur yang berupa kesulitan untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun mempunyai kesempatan untuk itu. Gejala insomnia atau susah tidur biasanya diikuti dengan gangguan fungsional pada saat bangun.

Pada dasarnya, insomnia bukanlah salah satu jenis penyakit, melainkan suatu gejala yang memiliki berbagai penyebab, seperti kelainan emosional, kelainan pada fisik, dan pemakaian pada jenis obat-obatan. Insomnia sering terjadi, baik itu pada usia muda maupun usia lanjut dan juga sering timbul pada saat  bersamaan dengan adanya gangguan emosional, seperti kecemasan, stres, depresi, kegelisahan, atau ketakutan akan suatu hal. Terkadang seseorang tersebut sulit tidur tidak hanya karena badan dan otaknya tidak lelah.

Bagaimana cara mengatasi insomnia? Berikut ini adalah kumpulan tips yang diolah dari berbagai sumber:

  1. Menggunakan obat tidur. Cara ini sangat tidak dianjurkan karena mengkonsumsi obat-obatan kimia dalam jangka waktu yang lama akan berdampak buruk bagi tubuh.
  2. Mengatasi insomnia dengan menghindari cahaya pada saat tidur. Cahaya juga mempengaruhi proses produksi hormon melatonin. Cahaya terang dapat menghambat proses produksi hormon melatonin tersebut dan pada akhirnya Anda akan susah untuk tidur. Alangkah baiknya Anda mematikan sumber cahaya seperti TV, komputer, lampu kamar tidur, atau yang lainnya sebelum Anda tidur. Untuk sumber cahaya yang tidak dapat dimatikan, Anda dapat menggunakan kain gelap untuk menutupinya.
  3. Olahraga secara teratur merupakan salah satu cara mengatasi insomnia yang terbaik dan selain itu dapat membuat tubuh Anda lebih sehat. Energi yang didapatkan setelah melakukan olahraga dapat membuat tubuh tetap terjaga. Beri jarak antara selesai berolahraga dengan waktu Anda tidur antara 3-4 jam. Anda dapat melakukan olahraga ringan, seperti yoga, push up, atau yang lainnya.
  4. Jangan merokok. Nikotin dan kafein sama halnya merupakan stimulan. Nikotin pada rokok dapat membuat tubuh semakin terjaga dan akhirnya keinginan untuk tidur pun susah untuk dilakukan.
  5. Mandi menggunakan air hangat dapat membuat tubuh menjadi lebih nyaman. Apabila lelah bekerja seharian, mandilah dengan air hangat untuk mengatasi otot-otot yang tegang, sehingga dapat lebih mudah untuk tidur nyenyak.
  6. Ciptakan suasana yang nyaman di dalam kamar. Kamar yang nyaman dan bersih dapat membantu Anda tidur dengan nyenyak. Sebelum Anda tidur, usahakan buatlah suasana kamar yang nyaman dengan menyisihkan barang yang dianggap tidak penting pada kamar.
  7.  Mengatasi insomnia dengan menghindari melihat ke arah jam. Hal ini untuk mencegah tidur Anda tersiksa apabila Anda terus-menerus melihat jam yang akhirnya menyebabkan Anda khawatir dengan sisa waktu tidur sebelum hari esok dimulai. Untuk itu, tempatkan jam ke arah yang bertentangan dengan jarak pandang tidur Anda.
  8. Suara kendaraan, tetesan keran, anjing menggonggong, atau yang lainnya dapat menghilangkan sebagian besar waktu tidur Anda. Untuk itu, buatlah sebuah suara yang teratur dan tenang, seperti suara dari kipas angin, AC, atau suara yang lainnya. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan sumbat telinga atau ear plugs.
  9. Redakan emosi atau pikiran lainnya yang menggangu sekitar 1 jam sebelum waktu Abda tidur. Lakukan aktivias ringan, seperti, mendengarkan musik atau yang lainnya yang dapat menenangkan pikiran.

Semoga bermanfaat. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL