Jakarta, LiputanIslam.com—Sebagai orang tua, tentu sangat ingin tumbuh kembang anaknya optimal. Sehat secara fisik dan juga cerdas dalam kemampuan berpikir. Untuk mencapai hal tersebut, orang tua perlu memerhatikan sejumlah hal penting.

Di bawah ini adalah empat pilar penting yang bisa dilakukan orang tua untuk bisa membuat anak mereka tumbuh secara optimal.

  1. Nutrisi

Peran keluarga sendiri diperlukan sejak dalam kandungan dan hal yang paling utama adalah nutrisi. Pasalnya, nutrisi sangat diperlukan untuk membentuk organ tubuh seperti mata, telinga, otak, otot, tulang dan termasuk sistem kekebalan tubuh. Peran ibu di sini adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Sedangkan ayah berperan mendukung dan menyediakan kebutuhan ibu saat hamil.

  1. Stimulasi

Tidak lupa, saat bayi di dalam kandungan juga harus diberi stimulasi. Ibu yang mengajak berbicara janin dan mengelus perut. Setelah lahir pun, anak bisa diberi stimulasi dengan cara bermain dan memberi contoh. Misalnya, dengan mengajak berbicara, menunjukkan benda atau gambar dan memberi kesempatan untuk meniru dan mencontoh.

  1. Kasih Sayang

Kasih sayang diberikan dengan cara dipeluk, dicium, diberi pujian, diberi tepuk tangan atau diberi hadiah. Hal ini akan membentuk rasa aman dan percaya diri pada anak.

  1. Perlindungan

Perlindungan atau cara orang tua melindungi anaknya dari penyakit, cedera dan polusi. Perlindungan ini mencakup pemenuhan nutrisi juga imunisasi dan menyediakan lingkungan yang bersih untuk anak. Pasalnya, anak yang kurang zat besi misalnya akan melemahkan kecerdasan serta kekebalan tubuh yang dapat membuat dengan mudah terkena penyakit. (ra/tempo)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*