lebaranMakanan menggoda lidah hampir pasti tersaji di hari Idul Fitri. Bahkan kita terkadang tidak hanya menyantapnya di rumah sendiri, namun juga di rumah-rumah sanak kerabat atau boss. Tidak salah memang jika menikmati makanan-makanan tersebut. Namun kebiasaan makan saat Ramadan membuat tubuh harus kembali beradaptasi dengan pola makan selepasnya. Tubuh akan kaget saat kita mengkonsumsi banyak makanan. Selain itu, bisa membuat perut menjadi kembung, kekenyangan, dan juga pastinya penambahan berat badan.

Berikut beberapa tips untuk menjaga tubuh tetap sehat saat Lebaran.

1. Luangkan waktu untuk berjalan di pagi hari. Ketika berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorphin yang bisa menjaga mood tetap gembira dan membantu membangkitkan efek-efek positif diri.

2. Minum air sebelum makan. Penelitian di tahun 2010 mencatat jika orang yang minum 2 gelas atau sekitar 500 mililiter air sebelum makan, maka akan menurunkan 75 sampai 90 kalori saat makan. Tentu hal tersebut sangat mudah untuk mengurangi asupan makanan yang akan dicerna tubuh.

3. Ingat ucapan Benjamin Franklin. Ketika duduk di depan meja yang penuh makanan lezat, ingat pernyataaan Presiden Amerika itu. Pernyataan populer Benjamin ‘makanlah untuk hidup, bukan hidup untuk makan’. Sehingga kita bisa meminimalisasi jumlah makanan yang akan dikonsumsi.

4. Pilih tempat duduk yang benar. Duduklah di depan meja yang dekat dengan makanan-makanan sehat, sehingga makanan yang nantinya diambil adalah makanan yang sehat. Sebisa mungkin menjaga jarak dengan makanan yang tidak sehat.

5. Kunyah dengan benar. Banyak orang tidak sadar jika proses pencernaan sebenarnya dimulai di mulut, bukan di dalam perut. Ketika mengunyah, air liur yang mengandung enzim amilase mulai mencerna makanan bahkan sebelum kita menelannya. Mengunyah dengan tepat memberi sinyal kepada tubuh agar sistem yang lain tetap siap pada sisa pencernaan lainnya.

6. Kontrol porsi makan. Banyak bicara, sedikit makan merupakan hal terbaik yang bisa dilakukan untuk mengurangi porsi makanmu.

7. Banyak makan sayur dan buah. Air dan serat memiliki peran penting bagi tubuh. Keduanya berfungsi untuk melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol, dan membantu menurunkan berat badan.

Alangkah baiknya, seusai makan segera membersihkan meja dan peralatannya. Kegiatan tersebut bisa membakar kalori dan menjaga meja tetap bersih. Kamu juga akan mendapat pujian dari keluarga atas sikap tersebut. (sumber: Tempo)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL